Ekonomi Jepang Kontraksi, Saham Asia Lesu

    Nia Deviyana - 17 Februari 2020 09:35 WIB
    Ekonomi Jepang Kontraksi, Saham Asia Lesu
    Ilustrasi. Foto: AFP.
    Shanghai: Pasar Asia Pasifik turun pada perdagangan Senin pagi karena data pemerintah menunjukkan ekonomi Jepang mengalami kontraksi pada kuartal IV-2019. Penurunan ini untuk pertama kalinya dalam lebih dari setahun.

    Saham Jepang memimpin penurunan, dengan indeks Nikkei 225 turun 1,34 persen dan indeks Topix turun 1,44 persen.

    Data Kantor Kabinet mengungkapkan ekonomi Jepang menyusut 6,3 persen pada laju tahunan di kuartal IV tahun lalu. Pertumbuhan Domestik Bruto (PDB) per kuartal turun 1,6 persen.

    Sementara di Australia, indeks ASX 200 turun 0,34 persen karena subindex keuangan turun 0,84 persen. Indeks Kospi Korea Selatan turun 0,47 persen.

    Investor masih terus menilai potensi menurunnya ekonomi akibat virus korona yang telah menginfeksi lebih dari 68 ribu orang dan menewaskan lebih dari 1.600 orang.

    "Pasar tampaknya mengharapkan dampak ekonomi jangka pendek, dan mereka berada dalam mode wait and see (tunggu-dan-lihat)," tulis John Bromhead dari ANZ Research dalam catatan pagi yang dilansir dari CNBC International, Senin, 17 Februari 2020.

    Bromhead menjelaskan bahwa meskipun pabrik-pabrik di Tiongkok perlahan-lahan telah buka kembali setelah ditutup beberapa waktu usai liburan Tahun Baru Imlek, akan dibutuhkan waktu yang panjang untuk memindahkan simpanan kargo di pelabuhan.

    Virus korona, yang pertama kali terdeteksi di kota Wuhan, Tiongkok diperkirakan memiliki dampak ekonomi yang signifikan terhadap Beijing dan ekonomi global.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id