Pertumbuhan Ekonomi Tiongkok Diperkirakan Turun di Bawah 6%

    Nia Deviyana - 21 Oktober 2019 20:13 WIB
    Pertumbuhan Ekonomi Tiongkok Diperkirakan Turun di Bawah 6%
    Illustrasi. Foto : AFP.
    Jakarta: International Monetary Fund (IMF) memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Tiongkok berada pada level 5,8 persen pada 2020. Angka ini lebih lambat dari proyeksi 2019 sebesar 6,1 persen.

    "Dalam beberapa tahun terakhir, ada banyak hal yang terjadi dunia seperti ketegangan perdagangan, beberapa kekuatan geopolitik, dan ketidakpastian di seluruh dunia yang menambah tekanan penurunan lebih lanjut pada ekonomi Tiongkok," ujar Direktur Pelaksana IMF Tao Zhang seperti dilansir CNBC International, Senin, 21 Oktober 2019.

    Zhang mengatakan kepada CNBC International mengatakan angka tersebut masih masuk akal lantaran Tiongkok sedang merestrukturisasi ekonominya untuk tumbuh secara berkelanjutan.

    "Artinya, Tiongkok akan lebih sedikit mengandalkan utang untuk mendorong pertumbuhan, dan lebih fokus pada konsumsi domestik," imbuhnya.

    Transisi yang dialami Tiongkok diterjemahkan Zhang melambat tapi lebih baik. Pada Jumat (18/10/2019) Tiongkok merilis pertumbuhan ekonominya sebesar 6 persen pada kurtal III-2019. Angka tersebut paling rendah sejak kuartal pertama tahun 1992.

    "Saya pikir, kita berbicara tentang pertumbuhan dengan kualitas yang lebih baik, dan keberlanjutan yang lebih tinggi," kata Zhang.

    Proyeksi perlambatan ekonomi Tiongkok pada tahun depan kontras dengan proyeksi IMF untuk memulihkan ekonomi global.

    IMF sebelumnya memperkirakan pertumbuhan ekonomi global ada di level 3,4 persen pada 2020, meningkat setelah ketidakpastian perang dagang yang menyebabkan pertumbuhan ekonomi menjadi 3 persen di 2019.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id