Suku Bunga Diprediksi Turun, Wall Street Merekah

    04 Juli 2019 07:01 WIB
    Suku Bunga Diprediksi Turun, Wall Street Merekah
    Ilustrasi (FOTO: AFP)
    New York: Saham-saham di Wall Street naik dalam sesi perdagangan yang dipersingkat untuk libur Hari Kemerdekaan AS pada Rabu waktu setempat (Kamis WIB). Kondisi itu terjadi di tengah meningkatnya harapan potensi penurunan suku bunga dari Federal Reserve, didorong oleh serangkaian data ekonomi lemah yang baru dirilis.

    Mengutip Antara, Kamis, 4 Juli 2019, indeks Dow Jones Industrial Average meningkat 179,32 poin atau 0,67 persen menjadi 26.966,00 poin. Indeks S&P 500 bertambah 22,81 poin atau 0,77 persen menjadi 2.995,82 poin. Indeks Komposit Nasdaq berakhir 61,14 poin atau 0,75 persen lebih tinggi, menjadi 8.170,23 poin.

    Semua dari 11 sektor utama S&P 500 ditutup lebih tinggi, dengan sektor real estat dan konsumen masing-masing naik 1,47 persen dan 1,36 persen, mengungguli sektor-sektor lainnya. Diharapkan kondisi ini bisa bertahan dan penurunan suku bunga AS nantinya bisa memberi efek positif terhadap perekonomian Amerika Serikat.

    Sektor swasta Amerika Serikat menambah 102 ribu lapangan pekerjaan dari Mei hingga Juni, data perusahaan penggajian (payroll) Automatic Data Processing melaporkan. Angka itu jauh dari ekspektasi para ekonom terhadap 140 ribu pekerjaan baru yang disurvei oleh Econoday.

    "Pertumbuhan pekerjaan telah melambat tajam dalam beberapa bulan terakhir, karena dunia usaha telah menjadi lebih berhati-hati dalam perekrutan mereka," kata Kepala Ekonom Moody's Analytics Mark Zandi.

    Indeks non-manufaktur AS tercatat 55,1 persen pada Juni, lebih rendah dari pembacaan Mei sebesar 56,9 persen, menurut laporan oleh Institute for Supply Management (ISM). Hal itu menunjukkan pertumbuhan yang berkelanjutan di sektor non-manufaktur, tingkat tersebut menandai pembacaan indeks terendah sejak Juli 2017.

    Data ekonomi lesu datang ketika para investor memberi harga tinggi pada kemungkinan penurunan suku bunga dari bank sentral AS untuk memacu pertumbuhan. Ekspektasi pasar untuk penurunan suku bunga Juli berada di 100 persen, menurut alat FedWatch CME Group. Pasar saham AS ditutup lebih awal dari sesi normal untuk memperingati Hari Kemerdekaan pada 4 Juli.



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id