Hubungan AS dan Tiongkok Semakin Baik

    Nia Deviyana - 07 November 2019 19:43 WIB
    Hubungan AS dan Tiongkok Semakin Baik
    Ilustrasi. Foto : AFP.
    Beijing: Kementerian Perdagangan Tiongkok menyatakan bahwa pihaknya bersama Amerika Serikat (AS) telah sepakat untuk membatalkan beberapa tarif melalui tahap-tahap berbeda.

    Juru bicara Kementerian Perdagangan Tiongkok, Gao Feng, mengatakan hubungan kedua negara semakin membaik setelah pembicaraan perjanjian dagang fase satu. Feng mengatakan satu syarat penting untuk berjalannya perjanjian perdagangan terbatas memang mengharuskan AS dan Tiongkok menghapus sejumlah tarif.

    Dilansir CNBC International, Kamis, 7 November 2019, pelaku pasar mengharapkan kedua raksasa ekonomi itu segera menandatangani kesepakatan dagang fase satu akhir bulan ini, setelah Washington dan Beijing menunjukkan kemajuan dalam pembicaraan akhir pekan lalu. Namun, pertemuan antara Presiden Donald Trump dan Presiden Tiongkok Xi Jinping bisa saja tertunda hingga Desember.

    Awal bulan ini, Trump mengatakan AS telah mencapai kesepakatan fase satu yang sangat substansial dengan Tiongkok. Bahkan, Trump mengaku fase dua akan segera dimulai setelah fase pertama ditandatangani. Trump mengatakan perjanjian itu akan membahas masalah-masalah seperti kekayaan intelektual dan jasa keuangan.
     
    Selain itu, termasuk janji Tiongkok membeli USD40 miliar-USD50 miliar dalam produk pertanian Amerika Serikat. Kesepakatan terbatas itu juga mencakup jeda dalam peningkatan tarif ketika AS membatalkan rencana kenaikan tarif sebesar USD250 miliar atas barang-barang Tiongkok yang mulai berlaku 15 Oktober.
     
    Namun, banyak ahli mengatakan kesepakatan fase satu mewakili porsi yang jauh lebih kecil dari apa yang awalnya Trump ingin kejar. "Komponen-komponen fase satu dicampur. Tanpa ada pertemuan dokumentasi, tidak ada orang luar yang tahu apa yang disepakati," kata Kepala Penelitian Evercore ISI Tiongkok Donald Straszheim.




    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id