November, Aktivitas Sektor Jasa di Inggris Tertekan

    Medcom - 07 Desember 2019 14:04 WIB
    November, Aktivitas Sektor Jasa di Inggris Tertekan
    Ilustrasi. FOTO: AFP
    London: Survei yang diterbitkan IHSG Markit/CIPS yang merupakan penyedia informasi global yang berbasis di London mengungkapkan aktivitas sektor jasa Inggris pada November berada di wilayah kontraksi di tengah ketidakpastian politik dalam negeri. Tidak ditampik, kebijakan Brexit masih tidak menentu dan efek negatifnya menular ke area perekonomian.

    Mengutip Xinhua, Sabtu, 7 Desember 2019, statistik IHS Markit/CIPS menunjukkan Indeks Manajer Pembelian (PMI) layanan atau jasa yang disesuaikan secara musiman berada di posisi 49,3 pada November. Angka itu turun dibandingkan dengan posisi 50,0 pada Oktober.

    "Ketidakpastian politik dalam negeri sekali lagi menyebabkan pengeluaran bisnis dan konsumen cukup hati-hati," kata survei.

    Direktur Asosiasi Ekonomi IHS Markit Tim Moore mengatakan survei PMI di November secara kolektif menunjukkan bahwa ekonomi Inggris mengejutkan selama kuartal terakhir 2019, dengan produksi sektor jasa jatuh kembali ke penurunan setelah periode stabilisasi yang singkat.

    "Produksi manufaktur lebih rendah. Di samping tidak adanya pertumbuhan dalam layanan ekonomi," kata Moore.

    Sementara itu, Produk Domestik Bruto (PDB) Inggris turun 0,1 persen pada Agustus 2019, dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Demikian survei yang dirilis oleh Office for National Statistics (ONS). Namun dalam tiga bulan hingga Agustus 2019, pertumbuhan ekonomi Inggris tumbuh 0,3 persen, dibandingkan tiga bulan sebelumnya, terutama didorong oleh sektor jasa.
     
    Data menunjukkan bahwa dalam tiga bulan hingga Agustus 2019, sektor jasa Inggris naik 0,4 persen dari tiga bulan sebelumnya, dengan kontributor utama adalah bagian profesional, ilmiah, dan teknis. Selain itu, dalam tiga bulan hingga Agustus 2019, sektor produksi turun 0,4 persen, karena manufaktur anjlok 1,1 persen.
     
    Angka tersebut juga menunjukkan sektor konstruksi meningkat 0,1 persen dalam tiga bulan hingga Agustus, didorong oleh perumahan baru swasta, perbaikan, dan pemeliharaan perumahan publik dan komersial swasta.



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id