Wall Street Sepekan Bergerak Positif

    Ade Hapsari Lestarini - 28 Oktober 2019 06:35 WIB
    Wall Street Sepekan Bergerak Positif
    Ilustrasi. FOTO: AFP.
    New York: Saham-saham di Amerika Serikat (AS) pada akhir pekan ini berakhir optimistis. Pasar didukung oleh serangkaian pendapatan perusahaan campuran untuk kuartal ketiga dan investor mencerna berbagai rilis ekonomi yang menunjuk ke kesehatan ekonomi AS.

    Melansir Xinhua, Senin, 28 Oktober 2019, dalam pekan yang berakhir 25 Oktober, indeks Dow Jones naik 0,69 persen, S&P 500 naik 1,21 persen, dan Nasdaq naik 1,89 persen.

    Minggu ini menandai sesi perdagangan yang secara umum positif. Pada awal pekan dibuka layak dan ditutup ke posisi lebih tinggi. Tiga indeks utama ditutup menghijau selama tiga hari dalam seminggu.

    Pada Jumat, tiga indeks utama berakhir menguat tipis karena investor mencerna sejumlah campuran pendapatan perusahaan kuartal ketiga, termasuk saham Intel dan Amazon, serta data sentimen konsumen AS terbaru.

    Indeks Dow Jones Industrial Average pun melesat 152,53 poin atau 0,57 persen menjadi 26.958,06. Indeks S&P 500 naik 12,26 poin atau 0,41 persen menjadi 3.022,55. Indeks Komposit Nasdaq naik 57,32 poin atau 0,70 persen menjadi 8.243,12.

    Saham Amazon memperpanjang kerugian kontrak pada Jumat, setelah raksasa e-commerce melaporkan pendapatan kuartalan yang jauh dari perkiraan analis, di antaranya laba bersih merosot 26 persen tahun ke tahun.

    Sentimen investor juga diredam oleh pendapatan kuartal keempat perusahaan, yang ditetapkan dalam kisaran USD80 miliar-USD86,5 miliar, jatuh jauh di bawah ekspektasi pasar dan menunjuk ke musim belanja liburan liburan yang melemah di pertokoan.

    Sejauh ini, lebih dari 38 persen perusahaan di bawah naungan S&P 500 telah merilis pendapatan kuartal ketiga. Adapun 78 persennya melaporkan hasil di atas perkiraan analis, menurut FactSet.

    Namun Saham Tesla melonjak hampir 17,7 persen pada Kamis, setelah pembuat kendaraan listrik ini melaporkan laba kuartalan yang sangat tinggi. Perusahaan juga mengatakan dalam pembaruan triwulanan bahwa pabrik gigafactory di Shanghai akan dibangun dalam kurun waktu 10 bulan dan siap untuk memproduksi.

    Investor juga didorong pada Senin oleh optimisme pembicaraan perdagangan Tiongkok-AS. Sementara itu, Wall Street telah mencerna berbagai data ekonomi. Di sisi ekonomi, indeks sentimen akhir Universitas Michigan naik menjadi 95,5 dari 93,2 pada September, universitas mengatakan Jumat dalam survei konsumen.

    "Berbagai sumber ketidakpastian akan membuat konsumen fokus pada potensi ancaman terhadap optimisme mereka yang berlaku, dengan ancaman paling kritis yang secara signifikan dapat mengurangi pekerjaan dan prospek pendapatan mereka," kata Richard Curtin, kepala ekonom Survei Pelanggan.

    Pesanan baru untuk barang tahan lama yang diproduksi pada September turun 1,1 persen menjadi USD248,2 miliar, lapor Biro Sensus AS pada Kamis. Pengiriman barang tahan lama yang diproduksi September dalam tiga bulan berturut-turut turun 0,4 persen menjadi USD252,5 miliar, menyusul penurunan 0,1 persen pada Agustus.

    Departemen Tenaga Kerja AS mencatat klaim pengangguran AS jatuh pada minggu yang berakhir 19 Oktober. Sedangkan jumlah orang Amerika yang mengajukan tunjangan pengangguran mencapai 212 ribu minggu lalu atau turun 6.000 dari tingkat revisi minggu sebelumnya.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id