Daftar Hitam AS Diklaim Tidak Lukai Tiongkok

    Medcom - 26 Oktober 2019 17:06 WIB
    Daftar Hitam AS Diklaim Tidak Lukai Tiongkok
    Ilustrasi. Jason Lee/AFP
    Beijing: Tiongkok dengan nada percaya diri mengungkapkan bahwa langkah Amerika Serikat (AS) yang memasukkan beberapa perusahaan Tiongkok ke daftar hitam atau disebut daftar entitas tidak akan melukai dasar-dasar Beijing yang terus berupaya mengembangkan teknologi demi kepentingan ekonomi.

    Di tengah-tengah ketegangan perdagangan yang sedang berlangsung antara kedua negara, Pemerintahan Presiden AS Donald Trump tahun ini menempatkan raksasa telekomunikasi Tiongkok -Huawei- bersama dengan beberapa perusahaan superkomputer serta beberapa perusahaan kecerdasan buatan besar masuk ke daftar hitam.

    Adapun daftar entitas itu secara efektif mencegah perusahaan Tiongkok membeli peralatan dari pemasok mereka di Amerika. "Secara keseluruhan (daftar) tidak dapat merusak dasar-dasar perkembangan teknologi Tiongkok," kata Juru Bicara dan Direktur Jenderal Biro Inspeksi dan Koordinasi Kinerja, Kementerian Industri dan Teknologi Informasi Tiongkok Huang Libin.

    "Dalam menghadapi AS, dengan kedok ketegangan perdagangan, menyebabkan situasi suram bagi perusahaan teknologi tinggi kami, kami yakin ilmu pengetahuan dan teknologi Tiongkok akan dapat mengatasi tantangan awal dan menembus hambatan pengembangan teknologi saat ini," tambah Huang, seperti dikutip dari CNBC, Sabtu, 26 Oktober 2019.

    Lebih lanjut, Huang menyatakan, Tiongkok akan mengambil langkah-langkah lebih lanjut guna membuka industri telekomunikasi, internet dan mobil untuk investasi asing. Namun sayangnya, dia tidak memberikan detail tentang waktunya.

    Pada Mei, Departemen Perdagangan Tiongkok mengumumkan bahwa mereka dapat menempatkan entitas asing pada 'daftar entitas yang tidak dapat diandalkan'. Akan tetapi beberapa rincian dalam daftar itu belum muncul.

    "Kami mendesak AS menghormati industri di kedua negara yang ingin memperkuat kerja sama, menghormati aturan perdagangan multilateral, dan bertindak hati-hati. Tiongkok akan memonitor secara dekat daftar entitas dan memberlakukan langkah-langkah yang sesuai, dan secara tegas membela hak dan kepentingan Tiongkok yang sah," pungkasnya.



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id