Investor Percaya Diri, Wall Street Semakin Menguat

    Ade Hapsari Lestarini - 06 Juni 2019 09:24 WIB
    Investor Percaya Diri, Wall Street Semakin Menguat
    Ilustrasi. (FOTO: AFP)
    New York: Saham-saham di Amerika Serikat (AS) ditutup menguat pada Rabu waktu setempat karena investor lebih percaya diri bahwa bank sentral akan menurunkan suku bunga acuan untuk memfasilitasi ekspansi ekonomi.

    Melansir Xinhua, Kamis, 6 Juni 2019, indeks Dow Jones Industrial Average naik 207,39 poin atau 0,82 persen menjadi 25,539,57. Indeks S&P 500 meningkat 22,88 poin atau 0,82 persen menjadi 2.826,15. Indeks Komposit Nasdaq naik 48,36 poin atau 0,64 persen menjadi 7,575,48.

    Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengatakan bahwa The Fed sedang mengawasi perkembangan ekonomi saat ini dan akan melakukan apa yang harus dilakukan untuk terus melakukan ekspansi mendekati rekor.

    Dia mengatakan sementara The Fed tidak tahu bagaimana atau kapan masalah yang melibatkan negosiasi perdagangan dan hal-hal lain akan diselesaikan. Namun bank sentral memantau dengan cermat implikasi dari perkembangan ini untuk prospek ekonomi AS.

    Ketiga indeks utama sebelumnya mencatat kenaikan lebih dari dua persen pada perdagangan Selasa waktu setempat.

    Di sisi lain bank sentral merilis buku krem ??terbaru pada Rabu, mengatakan AS ekonomi berkembang pada kecepatan sedang secara keseluruhan dari April hingga pertengahan Mei.

    Beige book adalah snapshot ekonomi berkala yang berisi laporan ekonomi dari 12 distrik Federal Reserve. Yang baru dirilis didasarkan pada informasi yang dikumpulkan hingga 24 Mei.

    Hampir semua kabupaten melaporkan beberapa pertumbuhan, tetapi ada indikasi ketidakpastian, dengan beberapa daerah mengutip perlambatan dalam manufaktur, biaya input yang lebih tinggi dipimpin oleh kenaikan tarif, dan pergulatan di bidang pertanian.

    Pasar secara luas memperkirakan bank sentral akan memangkas suku bunga acuan dua kali sebelum akhir tahun sebagai tanggapan terhadap kondisi saat ini.

    Bank of America Merrill Lynch mengatakan dalam salah satu laporan penelitian global terbaru bahwa bank sekarang mengharapkan Fed untuk menurunkan suku bunga sebesar 25 basis poin pada September, pengurangan 25 basis poin pada Desember, dan yang terakhir pada awal 2020.

    Di bidang ekonomi, pekerjaan sektor swasta AS meningkat 27 ribu dari April hingga Mei, lapor prosesor penggajian Automatic Data Processing (ADP).

    Indeks non-manufaktur Institute for Supply Management (ISM) naik menjadi 56,9 persen pada Mei dari 55,5 persen pada April. Sektor non-manufaktur terus mengalami sedikit peningkatan dalam aktivitas bisnis, tetapi masih mendatar secara keseluruhan, menurut laporan ISM yang dirilis pada Rabu.

    "Responden sebagian besar optimistis tentang kondisi bisnis secara keseluruhan, tetapi kekhawatiran tetap tentang tarif dan sumber daya pekerjaan," kata laporan itu.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id