Dunia Perlu Bantu AS Capai Kesepakatan dengan Tiongkok

    Husen Miftahudin - 31 Agustus 2019 14:04 WIB
    Dunia Perlu Bantu AS Capai Kesepakatan dengan Tiongkok
    Ilustrasi. FOTO: AFP/Ed Jones
    New York: Mantan juru runding Gedung Putih Clete Willems menilai kekuatan dunia harus bekerja sama dengan Amerika Serikat (AS) untuk mencapai kesepakatan dengan Tiongkok. Pasalnya praktik perdagangan yang tidak adil memengaruhi semua orang di dunia.

    "Jika orang-orang di Jepang, di Uni Eropa, Inggris, dan Prancis ingin melihat lebih banyak kepastian di Tiongkok maka mereka harus membantu Amerika Serikat untuk menekan Tiongkok agar membantu membuat kesepakatan," kata Willems, seperti dikutip dari CNBC, Sabtu, 31 Agustus 2019.

    Bahkan, Willems menambahkan, Presiden Prancis Emmanuel Macron telah menyinggung keprihatinannya atas Tiongkok ketika ia menyerukan reformasi peraturan Organisasi Perdagangan Dunia di KTT Kelompok 7 di Prancis. Adapun Willems telah meninggalkan perannya sebagai Wakil Direktur Dewan Ekonomi Nasional AS (NEC) pada Maret.

    "Satu hal yang sangat penting untuk suatu perjanjian perdagangan adalah persatuan dari sekutu. Dan itu adalah dalam kepentingan pribadi Eropa, Jepang, dan yang lainnya untuk bekerja dengan AS dalam masalah-masalah perdagangan itu," tukasnya.

    Masalah seputar transfer teknologi secara paksa telah menjadi titik penting dalam pembicaraan perdagangan AS-Tiongkok, dan Washington secara konsisten menuduh Beijing melakukan pencurian kekayaan intelektual -sesuatu yang telah dibantah oleh Tiongkok.

    "Saya pikir apa yang Presiden Macron katakan benar-benar berguna. Dia pada dasarnya berbicara tentang bagaimana WTO perlu direformasi untuk menangani praktik perdagangan tidak adil, dengan perlindungan kekayaan intelektual. Itu benar-benar kode untuk 'Kami juga peduli dengan Tiongkok'," Kata Willems.

    Willems sebelumnya bertugas sebagai negosiator perdagangan utama untuk AS di KTT seperti G7 dan G20, dan juga berpartisipasi dalam pembicaraan perdagangan antara Washington dan Beijing. Dia adalah tangan kanan Direktur NEC Larry Kudlow dalam negosiasi perdagangan dengan Tiongkok.

    "Saya pikir pesan yang keluar dari G7 lebih dari segalanya, adalah persatuan. Saya berharap pemerintah di Amerika Serikat dapat memanfaatkannya," kata Willems.

    Pada KTT G7 di Prancis, semua negara merilis pernyataan yang menyerukan reformasi WTO. Reformasi itu termasuk untuk melindungi kekayaan intelektual secara lebih efektif, menyelesaikan perselisihan lebih cepat, dan guna memberantas praktik-praktik komersial yang tidak adil.

    "Cara paling efektif ke depan dalam menyelesaikan hubungan perdagangan dengan Tiongkok adalah memastikan bahwa perdagangan merupakan bagian dari aturan perdagangan internasional," kata Macron.



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id