Produksi Pabrik AS Turun 0,5% di September 2019

    Medcom - 21 Oktober 2019 15:02 WIB
    Produksi Pabrik AS Turun 0,5% di September 2019
    Ilustrasi. FOTO: AFP
    New York: Produksi pabrik Amerika Serikat (AS) merosot 0,5 persen pada September 2019. Penurunan itu terjadi karena adanya pemogokan kerja di General Motors yang menyebabkan penurunan tajam dalam produksi mobil di tengah perjuangan dari para produsen.

    Mengutip CNBC, Senin, 21 Oktober 2019, Federal Reserve mengatakan produksi manufaktur telah turun 0,9 persen selama 12 bulan terakhir. Sebuah cerminan dari adanya gangguan dan ketidakpastian yang disebabkan oleh perang perdagangan antara AS-Tiongkok. Perang dagang itu tentu harus segera dihentikan.

    Pemogokan GM menyebabkan penurunan 4,2 persen pada bulan lalu dalam pembuatan mobil. Tidak termasuk mobil, produksi pabrik tergelincir 0,1 persen lebih pada September. Total produksi industri, yang meliputi pertambangan dan utilitas serta manufaktur, tergelincir 0,4 persen pada bulan September.

    Produksi pertambangan turun 1,3 persen pada bulan lalu karena lebih sedikit minyak mentah yang diekstraksi dan lebih sedikit sumur yang dibor. Produksi di utilitas meningkat 1,4 persen karena cuaca hangat mendorong permintaan listrik.

    Di sisi lain, ketegangan perdagangan telah menciptakan komplikasi bagi ekonomi Amerika Serikat dan merusak kesejahteraan para petani, terutama bagi mereka yang menanam kedelai, kata pejabat Federal Reserve AS.
     
    "Banyak pebisnis yang saya temui mengatakan mereka khawatir dengan perdagangan dan tarif," kata Presiden dan Kepala Eksekutif Federal Reserve Bank of Minneapolis Neel Kashkari.
     
    Kashkari percaya bahwa efek dari konflik perdagangan antara AS dan mitra dagang utamanya adalah rumit, dan kesulitan sebenarnya terletak pada psikologi. Pebisnis akan menarik kembali investasi mereka karena ketidakpastian yang dipicu oleh kekhawatiran tarif dan ketegangan perdagangan, kata pejabat itu, seraya mencatat bahwa itu bisa bersifat disinflasi.
     
    "Jika semua orang mundur pada saat yang sama, itu adalah efek potensial yang jauh lebih besar, tetapi itu juga efek yang pada dasarnya kita tidak tahu bagaimana modelnya," pungkas dia.



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id