Aktivitas Ekonomi Chili Turun Drastis dalam Satu Dekade

    Nia Deviyana - 03 Desember 2019 19:56 WIB
    Aktivitas Ekonomi Chili Turun Drastis dalam Satu Dekade
    Ilustrasi. Foto : AFP.
    Santiago: Aktivitas ekonomi Chili pada Oktober turun 3,4 persen secara year on year (yoy). Hal ini menjadi penurunan terbesar sejak krisis keuangan global 2008, demikian laporan Bank Sentral Chili.  

    Penurunan kegiatan ekonomi, yang memperhitungkan produksi, distribusi, dan konsumsi barang dan jasa, lebih buruk daripada yang diperkirakan para analis keuangan karena kerusuhan sosial yang telah mencengkeram negara itu sejak pertengahan Oktober.

    Sementara itu, aktivitas ekonomi pada Oktober turun 5,4 persen dibandingkan September, demikian dilansir Xinhua, Selasa, 3 Desember 2019. Di sektor produktif, aktivitas penambangan tumbuh dua persen pada periode tersebut, sementara aktivitas non-penambangan anjlok empat persen.

    Di sektor jasa, sejumlah bidang mencatat penurunan aktivitas, termasuk pendidikan, transportasi, layanan bisnis, restoran, dan hotel. Sektor konstruksi sedikit meningkat.

    Chili telah diguncang oleh protes anti-pemerintah sejak kenaikan tarif kereta bawah tanah di Santiago, ditambah ketidakpuasan secara nasional akan tingginya biaya hidup, kurangnya layanan, dan minimnya peluang.

    Demonstran menuntut upah, pensiun, layanan kesehatan, dan pendidikan yang lebih baik. Aksi protes dan mogok kerja telah mengganggu aktivitas ekonomi negara tersebut.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id