Pekan Kedua September, Perdagangan Saham Ditutup Positif

    Angga Bratadharma - 14 September 2019 12:01 WIB
    Pekan Kedua September, Perdagangan Saham Ditutup Positif
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Desi Angriani
    Jakarta: Data perdagangan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) pada pekan kedua September ditutup positif. Hal tersebut ditunjukkan pada Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang meningkat sebanyak 0,41 persen pada posisi 6.334,843 dibandingkan dengan posisi 6.308,950 pada penutupan perdagangan pekan sebelumnya.

    "Senada dengan IHSG, nilai kapitalisasi pasar selama sepekan meningkat sebanyak 0,42 persen menjadi Rp7.269,245 triliun dibandingkan dengan Rp7.238,803 pada penutupan perdagangan minggu lalu," kata Sekretaris Perusahaan BEI Yulianto Aji Sadono, seperti dikutip dari keterangan resminya, di Jakarta, Sabtu, 14 September 2019.

    Sedangkan data rata-rata perdagangan harian BEI juga ditutup meningkat pada pekan ini. Peningkatan paling tinggi terjadi pada rata-rata frekuensi transaksi harian sebanyak 12,97 persen menjadi 602.460 ribu kali transaksi dibandingkan dengan 533.291 ribu kali transaksi pada pekan sebelumnya.

    Kemudian diikuti oleh rata-rata volume transaksi harian yang mencatatkan peningkatan sebanyak 1,39 persen menjadi 14,554 miliar unit saham dari 14,354 miliar unit saham pada pekan sebelumnya. Untuk rata-rata nilai transaksi meningkat sebanyak 0,84 persen menjadi Rp8.088 triliun dari Rp8.020 triliun pada penutupan pekan lalu.

    "Sepanjang 2019, investor asing masih mencatatkan beli bersih sebesar Rp56,806 triliun dan investor asing pada hari ini mencatatkan jual bersih sebesar Rp135,13 miliar," tukasnya.

    Sementara itu, seremoni pembukaan perdagangan BEI pada pekan ini dibuka oleh Yayasan Global CEO Indonesia dalam rangka Peluncuran Aplikasi CEO Indonesia yang dilanjutkan dengan Talk show Edukasi Pasar Modal & Langkah Menuju IPO, Rabu, 11 September.

    Masih pada hari yang sama, BEI melalui Kantor Perwakilan Jawa Timur bekerja sama dengan PT FAC Sekuritas Indonesia meresmikan Galeri Investasi Syariah di Universitas K.H. A. Wahab Hasbullah di Jombang, Jawa Timur.

    Pada Kamis 12 September, bertempat di Amphitheater Twin Tower A dan Sport Center UINSA Surabaya, BEI bersama dengan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) melalui Galeri Investasi Syariah BEI Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (GIS BEI FEBI UINSA) melakukan inisiatif untuk meluncurkan Program Nabung Saham Modal Sampah atau disingkat dengan AsSALAM.
    Program tersebut merupakan kerja sama tiga pihak, yaitu BEI, UINSA dan PT Indopremier Sekuritas (IPOT). Program tersebut diresmikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Diah Susilowati.



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id