Tiongkok Pastikan Pangkas Separuh Tarif Impor Barang AS

    Nia Deviyana - 06 Februari 2020 21:40 WIB
    Tiongkok Pastikan Pangkas Separuh Tarif Impor Barang AS
    Tiongkok. Foto : AFP/GREG BAKER.
    Beijing: Tiongkok mengumumkan akan memangkas separuh tarif impor pada ratusan barang Amerika Serikat (AS) senilai sekitar USD75 miliar.

    Melansir CNBC International, Kamis, 6 Februari 2020, Kementerian Keuangan Tiongkok menyatakan tarif balasan  dipotong dari 10 persen menjadi lima persen, dari lima persen menjadi 2,5 persen.

    Penyesuaian akan mulai berlaku mulai 14 Februari pukul 01:01 waktu Beijing, atau bersamaan dengan AS yang juga akan memangkas separuh tarif pada barang-barang Tiongkok yang totanya mencapai USD120 miliar, sesuai dengan keputusan Januari lalu.

    Setelah pemotongan, maka bea masuk minyak mentah AS akan berkurang menjadi 2,5 persen dari lima persen, dan tarif kedelai akan dipangkas 2,5 persen. Pernyataan di situs web Kementerian Keuangan Tiongkok mengatakan langkah itu dilakukan untuk memajukan pembangunan Tiongkok-AS yang sehat dan stabil.

    Tiongkok mengatakan penyesuaian berikutnya akan tergantung pada bagaimana hubungan perdagangan dengan AS berkembang. Negeri Tirai Bambu juga  berharap dapat bekerja sama dengan Washington untuk menghilangkan semua kenaikan tarif.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id