Bank Sentral Eropa Mempertahankan Suku Bunga Utama

    28 Juli 2018 15:04 WIB
    Bank Sentral Eropa Mempertahankan Suku Bunga Utama
    Ilustrasi (FOTO: AFP)
    Frankfurt: Bank sentral Eropa atau European Central Bank (ECB) memutuskan untuk mempertahankan suku bunga utama untuk kawasan euro. Suku bunga basis zona euro tetap di 0,00 persen, dengan suku bunga pinjaman marjinal dan suku bunga deposito masing-masing di 0,25 persen dan minus 0,40 persen.

    "Panduan maju kami telah sangat efektif dan kami melihat tidak perlu mengubah bahasa kami," kata Presiden ECB Mario Draghi, dalam sebuah konferensi pers di Frankfurt, Jerman, seperti dikutip dari Xinhua, Sabtu, 28 Juli 2018.

    Selain itu, lanjutnya, ECB menegaskan kembali bahwa pembelian aset bersih bulanan akan dipotong menjadi 15 miliar euro (USD17,6 miliar) mulai Oktober hingga akhir Desember 2018. Bahkan, masih kata Draghi, kekuatan mendasar dari ekonomi zona euro menegaskan kepercayaan ECB bahwa konvergensi inflasi akan berkelanjutan sesuai tujuannya.



    "Namun demikian, stimulus kebijakan moneter yang signifikan masih dibutuhkan," tegasnya.

    Untuk menjaga kondisi likuiditas yang menguntungkan dan tingkat pelonggaran moneter yang cukup untuk kawasan euro, ECB bermaksud menginvestasikan kembali pembayaran pokok dari sekuritas yang jatuh tempo yang dibeli untuk jangka waktu yang panjang setelah akhir pembelian aset bersih.

    Namun, lanjutnya, rincian reinvestasi tetap tidak jelas untuk pasar keuangan. "Hanya untuk memperjelas reinvestasi, kami belum membahasnya tetapi kunci modal tetap ada pada jangkauan kami. Kesabaran, kehati-hatian. dan ketekunan tetap menjadi kata kunci yang memberi informasi dan menginspirasi kebijakan moneter kami," pungkas Draghi.

     



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id