Sektor Keuangan Tiongkok Mulai Terbuka

    Ade Hapsari Lestarini - 20 Mei 2019 09:33 WIB
    Sektor Keuangan Tiongkok Mulai Terbuka
    Aktivitas perekonomian warga Tiongkok. (FOTO: Ilustrasi AFP)
    Beijing: Tiongkok telah membuat kemajuan luar biasa dalam membuka sektor keuangannya. Bank Sentral Tiongkok menyatakan sektor keuangan negeri Tirai Bambu ini akan terus memperluas pembukaan sektor ini.

    Melansir Xinhua, Senin, 20 Mei 2019, dalam memperluas pembukaan sektor keuangan, Tiongkok akan mengadopsi pendekatan perlakuan nasional pra-pendirian dengan daftar negatif.
    Selain itu juga mengejar kemajuan terkoordinasi dalam pembukaan keuangan, reformasi dalam mekanisme pembentukan nilai tukar, dan proses memajukan akun modal konvertibilitas, People's Bank of China mengatakan dalam sebuah artikel yang diposting di situs webnya.

    Tiongkok juga akan memperhatikan dengan seksama pengendalian risiko keuangan, serta memastikan bahwa pengawasan keuangan dan kemampuan pengaturannya sejalan dengan tingkat keterbukaan, menurut pernyataan itu.

    Ketika Tiongkok memasuki era baru pembangunan, membuka sektor keuangannya lebih lanjut adalah jalan yang harus diikuti negara itu untuk berintegrasi ke dalam ekonomi global, kata bank sentral.

    Adapun dari perspektif domestik, ketika ekonomi sedang bertransisi dari pertumbuhan berkecepatan tinggi ke pembangunan berkualitas tinggi, memperluas pembukaan keuangan akan membantu membangun sistem keuangan yang beragam, mendorong reformasi keuangan dan melayani ekonomi riil dengan lebih baik.

    Pihak Bank Sentral mencatat pembukaan negara itu dari sektor keuangannya telah menarik respons pasar yang positif.

    Pada akhir Maret, investor luar negeri membeli bersih 1,77 triliun yuan (sekitar USD260,3 miliar) obligasi di pasar obligasi antar bank negara itu, naik 31 persen dari tahun sebelumnya, dan memiliki 5,4 triliun yuan keuangan berdenominasi yuan aset, naik 19 persen YoY, menurut bank sentral.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id