Gerak Harga Emas Dunia Jatuh

    Antara - 12 November 2019 07:34 WIB
    Gerak Harga Emas Dunia Jatuh
    Ilustrasi. FOTO: AFP
    Chicago: Harga emas berjangka di divisi Comex New York Mercantile Exchange melemah lebih lanjut pada akhir perdagangan Senin waktu setempat (Selasa WIB). Pelemahan terjadi karena permintaan terhadap aset-aset safe haven berkurang.

    Mengutip Antara, Selasa, 12 November 2019, kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Desember turun USD5,80 atau 0,4 persen menjadi USD1.457,10 per ons.

    Indeks Dow Jones Industrial Average pulih moderat, naik 0,05 persen, tak lama sebelum penutupan transaksi emas. Ketika ekuitas membukukan keuntungan, logam mulia biasanya turun, karena investor tidak mencari aset safe haven dan mengalihkan investasinya di aset berisiko.

    Namun penurunan emas lebih jauh tertahan oleh dolar AS yang lebih rendah. Dolar AS melemah setelah Presiden Donald Trump mengatakan pada akhir pekan bahwa pembicaraan perdagangan dengan Tiongkok berjalan sangat baik. Akan tetapi bahwa Amerika Serikat hanya akan membuat kesepakatan dengan Beijing jika itu tepat untuk Amerika.

    Indeks dolar AS, ukuran greenback terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya, turun hampir 0,2 persen pada akhir perdagangan. Jika dolar AS melemah, itu membuat emas yang dihargakan dalam dolar AS menjadi lebih murah bagi investor yang memegang mata uang lainnya, sehingga membatasi kejatuhan emas.

    Sementara itu, beberapa investor terpikat ke pasar obligasi AS, kata analis, ketika imbal hasil obligasi Pemerintah AS bertenor 10-tahun naik menjadi 1,945 persen pada perdagangan Senin 11 November. Harga emas berjangka juga sedikit lebih rendah akhir pekan lalu, karena logam mulia tertekan oleh dolar AS yang lebih kuat.

    Adapun kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Desember turun sebanyak USD3,5 atau 0,24 persen menjadi USD1.462,9 per ons, merupakan level terendah baru dalam tiga bulan terakhir.

    Di sisi lain, bursa saham Amerika Serikat ditutup bervariasi pada Senin waktu setempat (Selasa WIB). Kondisi itu karena investor mencerna berita bahwa Boeing berharap untuk melanjutkan pengiriman 737 max jet segera, di tengah langkah investor yang dengan cermat melihat perkembangan baru Tiongkok-AS terkait pembicaraan perdagangan.

    Indeks Dow Jones Industrial Average naik sebanyak 10,25 poin atau 0,04 persen menjadi 27.691,49. Sedangkan S&P 500 turun 6,07 poin atau 0,20 persen menjadi 3.087,01. Indeks Komposit Nasdaq turun 11,03 poin atau 0,13 persen menjadi 8.464,28.

    Mayoritas dari 30 saham unggulan di Dow diperdagangkan lebih rendah dengan saham 3M dan Goldman Sachs masing-masing turun 1,76 persen dan 1,74 persen, dua penghambat teratas. Sebanyak delapan dari 11 sektor utama S&P 500 utama diperdagangkan lebih rendah dengan sektor Utilitas turun 0,68 persen, memimpin para pecundang.



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id