Bank Dunia Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Global Naik Jadi 2,5%

    Nia Deviyana - 08 Januari 2020 21:04 WIB
    Bank Dunia Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Global Naik Jadi 2,5%
    Ilustrasi Bank Dunia. Foto: Cairopost.
    Jakarta: Bank Dunia dalam rilis Prospek Ekonomi Global 2020 memperkirakan pertumbuhan ekonomi global naik tipis menjadi 2,5 persen pada tahun ini. Hal ini sejalan dengan investasi dan perdagangan yang secara bertahap mulai pulih meskipun risiko ekonomi juga masih membayangi.

    Meski demikian, pertumbuhan kelompok negara-negara maju diperkirakan turun menjadi 1,4 persen pada 2020 karena melambatnya industri manufaktur.

    Sementara itu, pertumbuhan di pasar dan ekonomi negara berkembang diperkirakan akan meningkat tahun ini menjadi 4,1 persen. Namun, peningkatan ini tidak berbasis luas meski ada peningkatan kinerja dari kelompok ekonomi besar.

    Selain itu, sekitar sepertiga dari pasar dan ekonomi berkembang, diproyeksikan melambat tahun ini karena ekspor dan investasi yang lebih lemah dari perkiraan.

    "Dengan pertumbuhan di negara-negara berkembang yang cenderung tetap lambat, para pembuat kebijakan harus mengambil kesempatan untuk melakukan reformasi struktural yang mendorong pertumbuhan berbasis luas dan dapat mengurangi kemiskinan," kata Wakil Presiden World Bank Group untuk Bidang Pemerataan Pertumbuhan, Keuangan & Lembaga Ceyla Pazarbasioglu, melalui keterangan resminya, Rabu, 8 Januari 2020.

    Langkah-langkah untuk meningkatkan iklim bisnis, supremasi hukum, pengelolaan utang, dan produktivitas, kata Ceyla, dapat membantu mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id