Kristalina Georgieva Resmi Jadi Direktur Pelaksana IMF

    Antara - 26 September 2019 10:06 WIB
    Kristalina Georgieva Resmi Jadi Direktur Pelaksana IMF
    Kristalina Georgieva. FOTO: AFP
    Washington: Dewan Eksekutif Dana Moneter Internasional (IMF) menyetujui pencalonan Kristalina Georgieva, Kepala Eksekutif Bank Dunia asal Bulgaria, untuk menjadi Direktur Pelaksana IMF selama lima tahun terhitung mulai 1 Oktober.

    Georgieva mengaku siap menjaga mandat dengan baik sebagai Direktur Pelaksana IMF. Dalam hal ini, Georgieva tidak menampik terdapat tantangan-tantangan yang menghadang di depan. "Pertumbuhan ekonomi global terus mengecewakan. Ketegangan perdagangan masih berlanjut dan beban utang meningkat di banyak negara," katanya.

    "Prioritas utama saya untuk IMF adalah membantu anggota meminimalkan risiko krisis dan siap untuk menghadapi penurunan jika terjadi," kata Georgieva, seperti dikutip dari Antara, Kamis, 26 September 2019.

    "Namun kita seharusnya tidak melupakan tujuan jangka panjang untuk membangun ekonomi yang lebih kuat dan meningkatkan kehidupan masyarakat di atas dasar kebijakan moneter, fiskal, dan struktural yang sehat," tambahnya.

    Dia menambahkan itu juga berarti menghadapi tantangan jangka panjang seperti ketidaksetaraan, risiko iklim dan perubahan teknologi yang cepat. "Tujuan saya adalah memperkuat dana dengan memastikan bahwa itu adalah sumber daya yang baik, dikelola dengan baik, bahkan selalu tidak berat sebelah," tukasnya.

    Georgieva, dipilih oleh Uni Eropa untuk memimpin IMF, telah menjadi satu-satunya calon untuk posisi itu. Dia bertugas di Komisi Eropa mulai 2010, dan telah menjadi CEO Bank Dunia sejak Januari 2017. Dia adalah presiden sementara Bank Dunia dari Februari hingga April tahun ini.

    "Georgieva, yang menggantikan Christine Lagarde dari Prancis, adalah orang pertama dari ekonomi pasar berkembang yang memimpin IMF sejak didirikan pada 1944," kata Dewan Eksekutif IMF dalam sebuah pernyataan.

    "Selamat kepada teman saya Kristalina Georgieva atas terpilihnya sebagai direktur pelaksana baru IMF. Semoga Anda sukses dalam memimpin lembaga hebat ini," kata Lagarde di Twitter tak lama setelah pengumuman dewan eksekutif.

    Sementara itu, Georgieva mengatakan dalam pidatonya bahwa dia sangat beruntung memiliki Lagarde sebagai pendahulunya. "Visinya, kepemimpinannya telah memberi kontribusi sangat besar bagi keberhasilan dana," pungkas Georgieva.



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id