Emas Dunia Kembali Merekah

    Antara - 27 November 2019 07:44 WIB
    Emas Dunia Kembali Merekah
    Ilustrasi. FOTO: AFP/PATRICK HERTZOG
    Chicago: Harga emas berjangka di divisi Comex New York Mercantile Exchange naik pada akhir perdagangan Selasa waktu setempat (Selasa WIB). Penguatan ini membalikkan penurunan selama empat hari berturut-turut, terutama setelah tertekan oleh penguatan dolar Amerika Serikat (USD).

    Mengutip Antara, Rabu, 27 November 2019, kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Desember naik USD3,40 atau 0,23 persen menjadi USD1.460,30 per ons.

    "Mengikuti tekanan jual baru-baru ini, para pedagang bullish memutuskan untuk melakukan pemburuan harga murah hari ini dan membeli pada saat penurunan harga," tulis Jim Wyckoff, seorang analis senior dengan kitco.com.

    Indeks dolar AS, ukuran greenback terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya, melemah menjadi sekitar 98,25 pada Selasa waktu setempat, atau 0,07 persen lebih rendah dari hari sebelumnya. Ketika dolar AS mundur, emas yang dihargakan dalam dolar AS menjadi lebih murah dan lebih menarik bagi investor yang memegang mata uang lainnya.

    Namun, Dow Jones Industrial Average dan indeks acuan saham AS lainnya menguat pada Selasa waktu setempat sehingga menahan kenaikan emas lebih lanjut. Ketika ekuitas naik, emas biasanya kehilangan daya tariknya sebagai aset safe-haven, karena investor mengalihkan investasinya ke asert-aset berisiko yang memberikan imbal hasil lebih tinggi.

    Adapun logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman Desember naik 15,9 sen atau 0,94 persen menjadi USD17,045 per ons. Sementara platinum untuk pengiriman Januari naik USD11,30 atau 1,25 persen menjadi USD911,70 per ons.

    Di sisi lain, saham-saham Amerika Serikat mencapai level tertinggi baru di penutupan pasar pada Selasa waktu setempat (Rabu WIB), menyusul penutupan tertinggi sepanjang masa pada Senin. Kondisi itu terjadi karena investor mencerna pidato terbaru Ketua Federal Reserve Jerome Powell dan serangkaian data yang baru dirilis.

    Indeks Dow Jones Industrial Average naik 55,21 poin atau 0,20 persen menjadi 28.121,68. Sementara S&P 500 naik 6,88 poin atau 0,22 persen menjadi 3.140,52. Sedangkan indeks Komposit Nasdaq naik 15,44 poin atau 0,18 persen menjadi 8.647,93.

    Sebanyak delapan dari 11 sektor utama S&P 500 diperdagangkan dengan catatan optimistis. Real estat naik sebanyak 1,40 persen tak lama setelah bel penutupan, mengungguli sisanya. Saham Best Buy naik 9,86 persen, setelah perusahaan membukukan laba lebih baik dari perkiraan untuk kuartal ketiga.



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id