Kesepakatan Dagang Fase Satu AS-Tiongkok Disambut Positif

    Angga Bratadharma - 14 Desember 2019 11:31 WIB
    Kesepakatan Dagang Fase Satu AS-Tiongkok Disambut Positif
    Presiden AS Donald Trump (kiri) bersama dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping. FOTO: Brendan Smialowski/AFP
    Washington: Kamar Dagang Amerika Serikat (AS) menyambut baik kesepakatan perjanjian ekonomi dan perdagangan fase satu yang diumumkan oleh AS dan Tiongkok. Dalam hal ini, Kamar Dagang AS mendesak kedua pihak untuk memperjuangkan kesepakatan komprehensif.

    "Kedua pemerintah yang mencapai kesepakatan mengenai kesepakatan Fase I adalah perkembangan yang sangat positif," kata Wakil Presiden Eksekutif dan Kepala Urusan Internasional Kamar Dagang AS Myron Brilliant, seperti dikutip dari Xinhua, Sabtu, 14 Desember 2019.

    Komentar itu muncul tak lama setelah pihak Tiongkok mengumumkan bahwa kedua belah pihak telah menyetujui teks perjanjian ekonomi dan perdagangan fase satu berdasarkan prinsip kesetaraan dan saling menghormati, serta mencapai konsensus bahwa pihak AS akan memenuhi komitmennya mengurangi tarif tambahan untuk produk-produk Tiongkok.

    "Kedua belah pihak layak mendapatkan kredit karena mengambil tindakan untuk mengurangi dan menghilangkan tarif. Kami sudah lama tahu bahwa tarif dibayar oleh perusahaan-perusahaan Amerika dan konsumen Amerika, menaikkan harga dan menghilangkan manfaat reformasi pajak untuk keluarga dan bisnis," kata Brilliant.

    "Berita hari ini menciptakan kejelasan untuk bisnis dan memberikan dorongan bagi konsumen Amerika selama musim liburan," tambahnya.

    Memerhatikan kemajuan terbaru meletakkan dasar bagi kesepakatan fase dua, Brilliant mendesak kedua belah pihak terus bekerja dengan rajin menuju kesepakatan akhir dalam waktu dekat. Kedua pihak diharapkan menyelesaikan prosedur yang diperlukan termasuk tinjauan hukum dan terjemahan sesegera mungkin dalam konteks perdagangan.

    Adapun Beijing telah menyatakan harapannya bahwa setelah penandatanganan, kedua belah pihak akan mematuhi dan dengan sungguh-sungguh menerapkan ketentuan-ketentuan perjanjian fase satu, termasuk berbuat lebih banyak untuk mempromosikan pengembangan hubungan ekonomi dan perdagangan bilateral serta stabilitas ekonomi dan keuangan global.



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id