Tensi Perang Dagang Mereda, Pasar Saham Eropa Rebound

    Suci Sedya Utami - 30 Agustus 2019 11:33 WIB
    Tensi Perang Dagang Mereda, Pasar Saham Eropa <i>Rebound</i>
    Ilustrasi. FOTO: AFP
    London: Sinyal baru akan adanya negosiasi yang positif antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok terkait perang dagang membuat pasar saham di zona Eropa rebound pada Kamis waktu setempat (Jumat WIB). Adapun meredanya tensi dagang di antara dua negara tersebut bakal memberikan efek positif terhadap sikap investor.

    "Pasar saham Eropa lebih tinggi karena ada suara-suara positif yang keluar dari Tiongkok sehubungan dengan situasi perdagangan," kata Analis CMC Markets UK David Madden, seperti dilansir dari AFP, Jumat, 30 Agustus 2019.

    Hubungan AS-Tiongkok telah bergejolak sebelumnya. Namun, ketika ada sinyal positif antara hubungan kedua negara tersebut terutama dari sisi perdagagan, membuat para pedagang mata uang kembali ke pasar dan melonggarkan likuiditas.

    Sementara itu, kondisi pasar saham di Asia bervariasi setelah bursa Wall Street ditutup menghijau pada perdagangan Kamis kemarin. "Penutupan yang lebih tinggi di Wall Street tidak meluas ke perdagangan Asia semalam," kata Kepala Penelitian London Capital Group Jasper Lawler.

    Adapun bursa saham AS mengalami kenaikan pada Rabu lalu didorong oleh sektor energi yang menguat akibat harga minyak yang lebih tinggi. Namun sentimen sentimen tetap terkendali dengan kurva hasil AS yang membalik lebih lanjut memicu kekhawatiran resesi

    Investor nampaknya sudah siap untuk penurunan bunga. Imbal hasil obligasi AS 10 tahun baru-baru ini turun di bawah imbal hasil obligasi bertenor dua tahun. Hal ini menjadi sinyal pada Rabu karena berada di titik terlebar sejak 2007.

    Pun demikian dengan imbal hasil obligasi pemerintah bertenor 30 tahun menyentuh level terendah sepanjang masa. Hal tersebut dilatarbelakangi perlambatan pertumbuhan global dan ketidakpastian tentang rencana Federal Reserve untuk memotong suku bunga untuk mendukung ekonomi AS.



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id