November 2019, Defisit Perdagangan AS Turun ke Level Terendah

    Angga Bratadharma - 11 Januari 2020 13:03 WIB
    November 2019, Defisit Perdagangan AS Turun ke Level Terendah
    Ilustrasi. FOTO: AFP
    Washington: Departemen Perdagangan Amerika Serikat (AS) melaporkan defisit perdagangan AS secara keseluruhan turun tajam pada November 2019 ke level terendah dalam tiga tahun. Kondisi itu terjadi karena aktivitas impor melanjutkan penurunan.

    Mengutip Xinhua, Sabtu, 11 Januari 2020, defisit perdagangan barang dan jasa turun 8,2 persen menjadi USD43,1 miliar pada November, kesenjangan perdagangan terkecil sejak Oktober 2016. Ekspor untuk November adalah USD208,6 miliar atau naik USD1,4 miliar dari Oktober, dan impor turun menjadi USD251,7 miliar atau turun USD2,5 miliar dari bulan sebelumnya.

    "Penurunan impor secara keseluruhan didorong oleh impor barang modal dan produk konsumen yang lebih sedikit, termasuk komputer, ponsel, dan barang-barang rumah tangga lainnya," ungkap Departemen Perdagangan AS.

    Sementara kesenjangan perdagangan yang menyusut akan mendorong produk domestik bruto AS di kuartal keempat. Adapun penurunan impor barang-barang konsumsi juga menandakan melemahnya permintaan konsumen di bulan-bulan mendatang karena ketegangan perdagangan AS dengan mitra dagang utama terus berlanjut.

    Ekonomi AS diperkirakan tumbuh pada tingkat tahunan 2,3 persen di kuartal keempat 2019 atau lebih tinggi dari tingkat pertumbuhan 2,1 persen pada kuartal ketiga, menurut perkiraan terbaru yang dirilis oleh Federal Reserve Bank of Atlanta. Tentu ada harapan agar perekonomian AS tidak kembali melambat.

    Tetapi sebuah panel yang terdiri dari 53 peramal profesional mengantisipasi bahwa pertumbuhan ekonomi AS akan melambat menjadi 1,8 persen pada 2020 dari 2,3 persen pada 2019, menurut survei dari National Association for Business Economics (NABE) yang dirilis bulan lalu.

    Sementara itu, Kamar Dagang Tiongkok Midwest Amerika Serikat mengungkapkan peningkatan ekonomi Tiongkok selama beberapa dekade terakhir telah menguntungkan banyak perusahaan di Amerika Serikat. Diharapkan kondisi ini bisa terus meningkat ke arah positif sejalan dengan disepakatinya kesepakatan dagang fase satu antara AS dengan Tiongkok.
     
    "Keberhasilan Tiongkok dalam pengentasan kemiskinan dan kelas menengahnya yang besar telah membawa peluang besar bagi kerja sama bisnis," kata Direktur Eksekutif Kamar Dagang Tiongkok Midwest AS Leo Chan, yang organisasinya memiliki 200 anggota dan semuanya memiliki ikatan ekonomi dengan Tiongkok.
     
    "Kami senang melihat prestasi Tiongkok dalam pengentasan kemiskinan, pendidikan dan perawatan kesehatan dalam beberapa dekade terakhir dan kami berharap lebih banyak yang dapat dilakukan dalam hal ini pada 2020," pungkas Chan.



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id