Pertumbuhan Ekonomi Global Diprediksi Pulih Pertengahan 2020

    Nia Deviyana - 06 Desember 2019 14:17 WIB
    Pertumbuhan Ekonomi Global Diprediksi Pulih Pertengahan 2020
    Ilustrasi. FOTO: AFP.
    Washington: Pertumbuhan ekonomi global akan pulih pada paruh kedua 2020, ketika perang dagang antara Washington dan Beijing mereda dan kebijakan moneter bank sentral mulai berlaku, kata kepala alokasi aset APAC, Adrian Zuercher.

    "Ada banyak 'kabut' di sekitar perdagangan, sehingga memengaruhi perkiraan kami untuk pertumbuhan ekonomi," kata Zuercher seperti dilansir CNBC Internasional, Jumat, 6 Desember 2019.

    Tarif yang ditetapkan AS-Tiongkok terhadap satu sama lain menjadi risiko utama perusahaan-perusahaan. Namun, meskipun pertumbuhan ekonomi saat ini lambat, pemulihan signifikan diperkirakan terjadi pada kuartal keempat.

    Baik AS maupun Tiongkok telah mengumumkan upaya menuju kesepakatan dagang fase satu pada Oktober, dan kemungkinan akan ditandatangani pada Desember 2019. Namun, para pejabat di Beijing mengatakan mereka ingin melihat terlebih dahulu apakah Presiden Donald Trump memenangkan masa jabatan kedua.

    Trump sendiri mengatakan bahwa mungkin lebih baik menunggu sampai setelah pemilihan 2020 untuk mencapai kesepakatan perdagangan dengan Tiongkok.

    "Kami melihat bahwa ekonomi AS benar-benar melambat dan kami melihat peluang yang relatif bagus, bahwa mungkin ditandatangani kesepakatan fase pertama, dan bisa saja tarif dikurangi atau bahkan dihapus. Itu seharusnya cukup baik bagi perekonomian untuk pulih perlahan," kata Zuercher.

    Perekonomian Asia menunjukkan tren penurunan, utamanya sejak dua ekonomi terbesar dunia memulai perang dagang pada awal 2018. Namun, perang perdagangan bukan satu-satunya faktor yang berkontribusi terhadap perlambatan global.

    Adapun perlambatan global juga terjadi karena bank sentral mulai menghapus beberapa stimulus dan mulai menyusutkan neraca secara global.

    Ketika 2019 berakhir, Zuercher memperkirakan bank-bank sentral di seluruh dunia akan mulai kembali untuk mencetak uang, memperluas neraca mereka dan menurunkan suku bunga, yang semuanya akan memiliki pengaruh positif pada ekonomi dunia.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id