Kendalikan Suku Bunga, The Fed akan Perluas Intervensi Pasar

    Ade Hapsari Lestarini - 07 Oktober 2019 07:33 WIB
    Kendalikan Suku Bunga, The Fed akan Perluas Intervensi Pasar
    Ilustrasi The Fed. FOTO: AFP.
    Washington: Federal Reserve Bank of New York akan memperluas intervensi di pasar pendanaan pada November. The Fed saat ini sedang berusaha untuk mengendalikan suku bunga acuannya.

    "Perdagangan Pasar Terbuka Federal Reserve Bank New York akan melakukan serangkaian operasi pembelian kembali (term repo) untuk membantu mempertahankan tingkat suku bunga dalam kisaran targetnya," kata bank dalam sebuah pernyataannya, seperti dilansir dari Xinhua, Senin, 7 Oktober 2019.

    Menurut pernyataan itu, Fed New York akan terus menawarkan repo harian semalam dengan jumlah keseluruhan setidaknya USD75 miliar setiap hari hingga 4 November.

    Sementara itu, The Fed akan melakukan serangkaian operasi term-repo dengan pinjaman berkisar dari enam hari sampai 15 hari hingga akhir Oktober.

    Fed New York telah menyuntikkan miliaran dolar uang tunai ke dalam pasar pendanaan sejak 17 September, ketika biaya meminjam uang semalam meningkat empat kali lipat menjadi 10 persen. Sehingga The Fed mengancam akan menaikkan kisaran target untuk tingkat suku bunga.

    Rekan senior di Peterson Institute for International Economics, Joseph Gagnon, percaya gejolak pasar baru-baru ini menunjukkan bahwa Federal Reserve harus membuat beberapa perubahan untuk membantu menciptakan kerangka kerja kebijakan moneter yang lebih tangguh dan efektif.

    The Fed harus mempunyai tujuan untuk tingkat cadangan yang lebih tinggi secara umum dan secara eksplisit tentang keinginannya untuk mengendalikan tingkat repo, Gagnon menulis dalam analisis yang diterbitkan bulan lalu.

    "Kami ingin mendorong kembali bahwa Fed harus mengidentifikasi beberapa tingkat cadangan minimum untuk sistem keuangan dan berusaha mendekati level itu," katanya, seraya menambahkan bahwa Fed harus terus menumbuhkan neraca keuangannya sebagaimana diperlukan untuk memperluas cadangan sejalan dengan PDB nominal (produk domestik bruto).

    The Fed bulan lalu memangkas target tingkat suku bunga sebesar 25 basis poin ke kisaran 1,75 persen menjadi dua persen. Ini merupakan penurunan suku bunga kedua di 2019, di tengah meningkatnya risiko dan ketidakpastian yang berasal dari ketegangan perdagangan dan perlambatan ekonomi global.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id