Emotional Intelligence Penting Dalam Persaingan Dunia Bisnis

    Medcom - 09 Desember 2019 01:53 WIB
    <i>Emotional Intelligence</i> Penting Dalam Persaingan Dunia Bisnis
    Sandiaga Uno. Foto: Antara/Rony Muharman
    Jakarta: Pengusaha Sandiaga Salahuddin Uno menyebut kecerdasan emosional (emotional intelligence) penting dalam dunia bisnis. Kemampuan yang dibutuhkan dalam dunia usaha sekarang berbeda dengan 10 tahun sebelumnya yakni internet, robotik, dan kecerdasan buatan (artificial intelligence).

    "Per hari ini skill yang diperlukan untuk teman-teman milenal khususnya untuk bisa berdaya saing ke depan, ternyata bukan artificial intelligence, tapi emotional intelligence," kata Sandi saat menjadi pembicara di acara Jakarta Halal Things 2019, Senayan City, Jakarta Selatan, Minggu, 8 Desember 2019.

    Sandi mengajak generasi milenial untuk meningkatkan kemampuan dan mengenali aspek emosional dari manusia. Jika masa lampau sebuah produk di jual berdasarkan murahnya harga, kualitas ataupun pola distribusi, maka ke depan sebuah produk harus dijual berdasarkan kedekatan emosional.

    "Jadi saya ingin mengajak para entrepreneur pikir 10, 15, 20 tahun lagi gimana create industri dan satu inovasi yang berbasis emosional. Itu enggak bisa dibeli, enggak bisa direkayaa harus betul-betul kita mengerti melalui pendekatan emotional intelligence," katanya.

    Sandi mencontohkan salah satu produk yang dibeli konsumen melibatkan emosi. Produk yang dimaksud yakni perusahaan motor listrik, Tesla.

    Menurut Sandi, Tesla adalah hasil dari kecerdasan emosional yang mampu memberikan citra tersendiri pada produknya. Bahkan, kata dia konsumen tidak bisa memberikan penjelasan secara spesifik alasan memberi produk tersebut.

    "They just buy product because it’s Tesla, karena ini menyentuh emosi, karena kita pingin rasa aman, nyaman, ada rasa keren produk tersebut. Itu yang menyentuh sisi emosi dari customer kita," pungkasnya.



    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id