Tiongkok Berlakukan Tarif Baru untuk Impor AS

    Angga Bratadharma - 24 Agustus 2019 06:02 WIB
    Tiongkok Berlakukan Tarif Baru untuk Impor AS
    Ilustrasi (AFP/Ed Jones)
    Beijing: Komisi Tarif Bea Cukai Dewan Negara Tiongkok mengumumkan Tiongkok akan mengenakan tarif baru pada impor Amerika Serikat (AS) senilai sekitar USD75 miliar. Langkah itu diambil sebagai tanggapan atas kenaikan tarif AS yang baru diumumkan pada barang-barang Tiongkok.

    Komisi Tarif Bea Cukai Dewan Negara mengumumkan berdasarkan undang-undang dan disetujui oleh Dewan Negara, total 5.078 produk AS, termasuk minyak mentah, kedelai, kacang tanah, makanan laut, ayam, buah dan sayuran, serta bulu hewan, akan dikenakan tarif tambahan 10 persen atau lima persen.

    Mengutip Xinhua, Sabtu, 24 Agustus 2019, kenaikan tarif akan dilaksanakan dalam dua kelompok dan mulai berlaku masing-masing pada pukul 24.01 malam waktu Beijing pada 1 September dan pukul 24.01 malam waktu Beijing pada 15 Desember, komisi mengatakan dalam sebuah pernyataan.

    Pemerintah AS sebelumnya mengumumkan pada 15 Agustus bahwa mereka akan mengenakan tarif tambahan 10 persen untuk barang-barang Tiongkok senilai sekitar USD300 miliar, masing-masing berlaku pada 1 September dan 15 Desember, dalam dua kelompok.

    Langkah AS itu telah menyebabkan eskalasi lebih lanjut dari friksi perdagangan bilateral yang sangat merusak kepentingan Tiongok, Amerika Serikat, dan negara-negara lain. Bahkan, keputusan AS juga sangat mengancam sistem perdagangan multilateral serta prinsip-prinsip perdagangan bebas.

    Komisi Tarif Bea Cukai Dewan Negara Tiongkok akan melanjutkan pekerjaan membebaskan barang-barang tertentu dari tarif tambahan. Pengenaan tarif tambahan Tiongkok adalah respons paksa terhadap unilateralisme AS dan proteksionisme perdagangan yang diharapkan bisa segera dihentikan.

    Tiongkok sekali lagi menegaskan bahwa kerja sama adalah satu-satunya pilihan yang tepat untuk Tiongkok dan Amerika Serikat. Adapun situasi yang saling menang yang akan mengarah ke masa depan yang lebih baik di antara kedua negara.

    "Kami berharap Tiongkok dan Amerika Serikat akan menyelesaikan perbedaan dengan cara yang dapat diterima oleh kedua belah pihak dengan alasan saling menghormati, kesetaraan, itikad baik, dan konsistensi kata-kata dan perbuatan," kata Komisi Tarif Bea Cukai Dewan Negara.

    "Kedua pihak diharapkan aktif membangun tata ekonomi dan perdagangan Tiongkok-AS yang seimbang, inklusif, saling menang, bersama-sama menjaga, mereformasi dan meningkatkan sistem perdagangan multilateral, serta mempromosikan kerja sama win-win solution dengan negara-negara lain di dunia," tutup pernyataan Komisi Tarif Bea Cukai Dewan Negara.



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id