Trump: Tiongkok Mengecewakan AS di Tengah Negosiasi Dagang

    Angga Bratadharma - 13 Juli 2019 21:02 WIB
    Trump: Tiongkok Mengecewakan AS di Tengah Negosiasi Dagang
    Presiden Amerika Serikat Donald Trump (FOTO: AFP)
    Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan Tiongkok tidak membeli poduk pertanian AS di tengah upaya dua negara ekonomi terbesar di dunia berupaya untuk mengakhiri perang dagang yang sedang terjadi hingga sekarang ini. Adapun negosiasi kembali berlanjut dan diharapkan bisa mencapai kata sepakat.

    Dalam cuitannya di Twitter, Trump mengatakan Beijing telah mengecewakan AS dengan tidak membeli produk pertanian Amerika. "Bahwa mereka mengatakan akan melakukannya (membeli produk pertanian AS)," kata Trump, dalam cuitannya, seperti dikutip CNBC, Sabtu, 13 Juli 2019.

    Perkembangan itu bisa menjadi pertanda buruk bagi upaya untuk mencapai kesepakatan perdagangan, karena para pejabat AS mengatakan mereka mengharapkan Tiongkok membeli produk pertanian AS sebagai bagian dari pembicaraan yang sedang berlangsung.

    "Semoga mereka akan segera memulainya!" kata Trump.

    Adapun beberapa pekan terakhir Washington dan Beijing telah terlibat kembali dalam pembicaraan perdagangan setelah diskusi gagal pada Mei. Saat itu, di saat kesepakatan yang berkembang berantakan, Trump menuduh Tiongkok mundur dari komitmen besar.

    Sementara itu, pengamat pasar saham telah mengikuti konflik antara AS dan Tiongkok dengan cermat. Para pengamat menilai perang dagang yang berkelanjutan dapat merusak tidak hanya bisnis Amerika tetapi juga ekonomi global. Tentu hal tersebut perlu diantisipasi secepat mungkin agar kerusakannya tidak meluas.

    Trump dan Presiden Tiongkok Xi Jinping telah bertemu di KTT G20 di Jepang bulan lalu, dan kedua belah pihak sepakat untuk bergerak maju terkait pembicaraan dagang serta menunda memberlakukan tarif baru. Tetapi Presiden AS meninggalkan pertemuan tersebut dengan harapan Tiongkok akan membeli produk pertanian Amerika.

    "Kami memegang tarif, dan mereka akan membeli produk pertanian," kata Trump kala itu.

    Peningkatan pembelian produk pertanian AS menjadi salah satu keinginan Trump dari Tiongkok. Hal itu lantaran Trump terus berupaya memangkas defisit perdagangan dengan Beijing. Di sisi lain, Trump berupaya membantu para petani di AS yang baru-baru ini mendapatkan musibah seperti harga tanaman yang rendah, dan konflik perdagangan AS dengan Beijing.

    Penasihat Ekonomi Utama Trump, Larry Kudlow, mengatakan Gedung Putih menganggap sangat penting bagi Tiongkok untuk membeli produk pertanian saat pembicaraan perdagangan berlanjut. Adapun AS telah menetapkan tarif atas barang-barang Tiongkok senilai USD250 miliar. Tiongkok telah menampar bea atas produk-produk Amerika USD110 miliar.



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id