Agustus, Ekspor Tiongkok Naik 2,6%

    Antara - 08 September 2019 14:20 WIB
    Agustus, Ekspor Tiongkok Naik 2,6%
    Illustrasi. Dok ; AFP.
    Beijing: Ekspor barang-barang Tiongkok naik 2,6 persen pada Agustus secara tahun ke tahun. Sementara impor Tiongkok turun 2,6 persen dalam periode yang sama. Hal ini berasal dari data kepabeanan Tiongkok.

    Dikutip dari Antara, Minggu, 8 September 2019 data itu menjelaskan bahwa surplus perdagangan mencapai 239,6 miliar yuan (sekitar USD33,79 miliar) bulan lalu, meningkat 41,8 persen dari satu tahun sebelumnya, menurut data yang dirilis oleh Badan Umum Kepabeanan (GAC).

    Perdagangan luar negeri negara itu naik 3,6 persen tahun ke tahun dalam delapan bulan pertama tahun ini, dengan surplus perdagangannya melebar 46 persen selama periode tersebut.

    Uni Eropa tetap sebagai mitra dagang terbesar Tiongkok selama periode itu, dengan volume perdagangan bilateral naik 9,7 persen dari satu tahun sebelumnya menjadi 3,15 triliun yuan. Diikuti oleh ASEAN, naik 11,7 persen menjadi 2,74 triliun yuan, serta Amerika Serikat turun sembilan persen menjadi 2,42 triliun yuan.

    Perdagangan Tiongkok dengan negara-negara jalur Sabuk dan Jalan (Belt and Road) mencapai 5,83 triliun yuan untuk periode Januari-Agustus, naik 9,9 persen tahun ke tahun. Angka ini 6,3 poin persentase lebih tinggi dari laju keseluruhan, kata GAC, menambahkan bahwa jumlah tersebut menyumbang 29 persen dari total volume perdagangan Tiongkok.

    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id