Kerja Sama Dorong Tiongkok-AS Keluar dari Konfrontasi

    Angga Bratadharma - 08 Juni 2019 13:02 WIB
    Kerja Sama Dorong Tiongkok-AS Keluar dari Konfrontasi
    Ilustrasi (AFP/Johannes EISELE)
    Los Angeles: Konsul Tiongkok Jenderal di Los Angeles Zhang Ping menyebutkan Tiongkok masih percaya bahwa berbagai kepentingan bersama akan membuat mereka keluar dari jalur yang mengarah ke konfrontasi. Hal itu terlepas dari banyak tantangan dan ketidakpastian dalam hubungan saat ini antara Tiongkok dan Amerika Serikat.

    "Konfrontasi membawa kita ke mana-mana dan itu seharusnya tidak menjadi pilihan. Dan tidak seharusnya menjadi masa depan kita yang ditakdirkan," kata Zhang, ketika berbicara pada upacara pembukaan Forum Bisnis China-California 2019, seperti dikutip dari Xinhua, Sabtu, 8 Juni 2019.

    "Kerja sama adalah satu-satunya pilihan yang tepat," tambah Zhang kepada lebih dari 500 pengusaha dan pejabat dari Tiongkok dan negara bagian California di AS.

    Sementara itu, Tiongkok berdiri teguh untuk melindungi hak dan kepentingannya yang sah dalam menangani gesekan perdagangan saat ini dan Tiongkok juga tetap berkomitmen untuk menyelesaikan perselisihan melalui negosiasi dan konsultasi berdasarkan saling menghormati, kesetaraan, dan saling menguntungkan.

    "Ikatan yang terjalin dan kepentingan yang saling terkait antara Tiongkok dan Amerika Serikat menentukan bahwa kedua ekonomi tidak dapat dipisahkan atau sepenuhnya terisolasi satu sama lain. Dampak perang dagang merugikan kedua belah pihak," kata Zhang.

    Zhang juga mencatat bahwa kerja sama sub-nasional adalah salah satu fondasi penting untuk mendukung hubungan Tiongkok-AS. Tiongkok adalah mitra dagang terbesar California dan memberikan kontribusi terbesar dalam investasi, wisatawan, dan pelajar Tiongkok di antara semua negara bagian Amerika Serikat.

    "Untuk mengembangkan lebih lanjut kerja sama Tiongkok-California, kita perlu lebih memperkuat peran mekanisme antar pemerintah yang ada untuk menyediakan platform yang lebih efektif bagi komunitas bisnis guna terlibat dalam kerja sama," saran Zhang.

    "Kita perlu mengeksplorasi lebih banyak peluang untuk mengeluarkan potensi kerja sama di berbagai bidang di mana kita memiliki kekuatan dan keunggulan masing-masing," tambahnya.

    Kedua negara, tambahnya, juga perlu mempromosikan lebih banyak dialog dan saling belajar antara budaya dan peradaban yang berbeda dengan mendorong lebih banyak pertukaran orang-ke-orang.

    "Kami percaya bahwa dengan upaya bersama dan komitmen yang tak tergoyahkan, kami akan dapat menemukan cara untuk mengatasi kesulitan saat ini dan membawa hubungan Tiongkok-AS kembali ke jalur normal dan sehat," pungkas Zhang.



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id