Kemilau Emas Dunia Melemah

    Antara - 19 Desember 2019 07:43 WIB
    Kemilau Emas Dunia Melemah
    Ilustrasi. FOTO: AFP
    Chicago: Emas berjangka di Divisi Comex New York Mercantile Exchange lebih rendah pada akhir perdagangan Rabu waktu setempat (Kamis WIB). Kondisi itu terjadi karena indeks-indeks acuan di Wall Street memperpanjang kenaikan dan dolar AS semakin menguat.

    Mengutip Antara, Kamis, 19 Desember 2019, kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Februari turun USD1,9 atau 0,13 persen menjadi USD1.478,70 per ons. Investor pasar saham Amerika Serikat tetap optimistis setelah Beijing dan Washington pekan lalu menyetujui teks perjanjian ekonomi dan perdagangan fase satu.

    Indeks Dow Jones Industrial Average, S&P 500 dan Indeks Komposit Nasdaq memperpanjang kenaikan dan mempertahan rekor tertinggi mereka sebelum penyelesaian transaksi emas. Ketika ekuitas membukukan keuntungan, emas biasanya turun karena investor tidak perlu mencari tempat yang aman dan mengalihkan investasi mereka ke aset-aset berisiko.

    Tekanan tambahan datang dari kenaikan dolar AS. Indeks dolar yang mengukur greenback terhadap sekeranjang mata uang utamanya, naik lebih lanjut menjadi sekitar 97,40, yang membuat emas yang dihargakan dalam dolar lebih mahal bagi investor yang memegang mata uang lainnya.

    Adapun logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman Maret 2020 turun sebanyak 2,3 sen atau 0,13 persen menjadi USD17,049 per ons. Sedangkan platinum untuk pengiriman Januari 2020 naik sebanyak USD5,9 atau 0,63 persen menjadi USD935,70 per ons.

    Sehari sebelumnya, emas berjangka sedikit lebih tinggi setelah bersusah payah merangkak naik di tengah kenaikan indeks acuan saham AS dan penguatan dolar AS. Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Februari naik tipis USD0,1 atau 0,01 persen menjadi USD1.480,60 per ons pada penutupan perdagangan Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

    Indeks-indeks acuan di Wall Street cenderung terus naik karena sentimen investor terangkat setelah Tiongkok dan Amerika Serikat menyetujui kata-kata dari perjanjian ekonomi dan perdagangan fase-satu.



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id