Eropa Berselisih Cari Pengganti Lagarde di IMF

    Angga Bratadharma - 27 Juli 2019 15:05 WIB
    Eropa Berselisih Cari Pengganti Lagarde di IMF
    Ilustrasi (FOTO: AFP)
    Brussels: Para pejabat Eropa masih 'menggaruk kepala' untuk mencari pengganti Christine Lagarde di Dana Moneter Internasional atau International Monetery Fund (IMF). Adapun Lagarde sudah memutuskan untuk mengundurkan diri dari IMF karena dicalonkan sebagai Presiden bank sentral Eropa atau European Central Bank (ECB).

    Lagarde akan memulai pekerjaan barunya sebagai presiden ECB pada November dan meninggalkan kursi IMF yang kosong. Di Eropa, negara-negara anggota Uni Eropa setuju bahwa Direktur Pelaksana IMF berikutnya harus dari benua tersebut. Akan tetapi mereka berjuang untuk bersatu di belakang satu nama tertentu.

    "Yang benar adalah bahwa tidak ada yang tersedia dan siap untuk diuji serba Eropa," kata seorang Menteri Eropa, yang tidak mau disebutkan namanya karena sifatnya sensitif dari perundingan, seperti dikutip dari CNBC, Sabtu, 27 Juli 2019.

    Tidak ada daftar kandidat resmi, tetapi banyak pemerintah dari negara-negara Uni Eropa telah mengajukan nama untuk mengambil pekerjaan sebagai Direktur Pelaksana IMF. Beberapa kandidat tidak resmi adalah:

    Pertama, Jeroen Dijsselbloem, mantan Menteri Keuangan Belanda dan Presiden Eurogroup (yang menyatukan menteri keuangan zona euro-19). Kedua, Mario Centeno, Menteri Keuangan Portugis dan saat ini Kepala Eurogroup. Ketiga, Nadia Calvino, Menteri Keuangan Spanyol. Keempat, Olli Rehn, Gubernur bank sentral Finlandia dan mantan komisaris Eropa untuk euro.
        
    Kelima, Mark Carney, Gubernur Bank of England (BoE) saat ini dan warga negara Kanada yang juga memiliki paspor Irlandia dan Inggris. Keenam, Kristalina Georgieva, dari Bulgaria, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Eksekutif Bank Dunia. Ketujuh, Mario Draghi, Presiden ECB yang masa jabatannya akan segera berakhir.

    Menurut dua pejabat Eropa lainnya, yang juga lebih suka tetap anonim, tidak ada kandidat yang memiliki profil tepat pada tahap ini. Beberapa nama juga tidak memiliki pengalaman yang cukup atau mereka tidak disukai oleh pemerintah tertentu karena afiliasi politik mereka, komentar masa lalu mereka, atau latar belakang mereka.

    Ada juga batasan umur untuk dihadapi. Aturan IMF menyatakan bahwa direktur pelaksana harus berusia di bawah 65 tahun ketika ditunjuk dan tidak memenuhi syarat jika di atas usia ke-70 tahun. Dengan demikian, peluang kandidat tertentu, seperti Kristalina Georgieva, menjadi jauh lebih kecil.

    "Jika batas usia disesuaikan dengan realitas saat ini, ada Georgieva dan Draghi," kata Menteri Eropa itu kepada CNBC.

    Prancis, yang memimpin diskusi di berbagai ibu kota Uni Eropa, dilaporkan mencari cara untuk mengubah undang-undang. Namun, tidak jelas apakah gagasan itu akan disetujui di dalam IMF atau tidak. Sedangkan sebuah sumber dalam Pemerintah Prancis mengatakan Paris tidak memiliki kandidat pilihan dan akan memainkan peran koordinasinya secara tidak memihak.



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id