Perang Tarif, Studi: Konsumen AS Tanggung Beban Terberat

    Angga Bratadharma - 09 November 2019 12:01 WIB
    Perang Tarif, Studi: Konsumen AS Tanggung Beban Terberat
    Ilustrasi. AFP PHOTO/GREG BAKER
    Jenewa: Studi dari Konferensi PBB tentang Perdagangan dan Pembangunan (UNCTAD) menunjukkan konsumen di Amerika Serikat (AS) menanggung beban tambahan atas tarif AS terhadap Tiongkok sejak pertengahan 2018. Sejauh ini perang dagang masih terus terjadi meski kedua negara mulai mendekati kesepakatan dagang.

    Dalam sebuah makalah berjudul "Efek Pengalihan Perdagangan dan Perdagangan dari tarif Amerika Serikat terhadap Tiongkok", UNCTAD memperingatkan bahwa tarif tambahan yang diberlakukan oleh Amerika Serikat terhadap Tiongkok, terutama pada Juli dan September 2018, secara ekonomi telah melukai kedua negara.

    "Perang perdagangan AS-Tiongkok yang sedang berlangsung telah mengakibatkan penurunan tajam dalam perdagangan bilateral, harga yang lebih tinggi bagi konsumen, dan efek pengalihan perdagangan," kata surat studi itu, seperti dikutip dari Xinhua, Sabtu, 9 November 2019.

    Studi ini menemukan bahwa konsumen di Amerika Serikat menanggung pukulan terberat dari tarif AS di Tiongkok. Pasalnya, biaya sebagian besar telah diturunkan kepada konsumen Amerika dan perusahaan importir dalam bentuk harga yang lebih tinggi.

    Sementara itu, studi juga menemukan bahwa perusahaan-perusahaan Tiongkok baru-baru ini mulai menyerap sebagian dari biaya tarif dengan mengurangi harga ekspor mereka. Ini memberi peringatan bahwa kenaikan tarif pada musim panas 2019 kemungkinan menambah kerugian yang sudah ada.

    "Hasil dari penelitian ini berfungsi sebagai peringatan global. Perang dagang kalah-kalah tidak hanya merugikan pesaing utama, tetapi juga membahayakan stabilitas ekonomi global dan pertumbuhan di masa depan," kata Direktur Onternasional UNCTAD Pamela Coke Hamilton.

    "Kami berharap perjanjian perdagangan potensial antara AS dan Tiongkok dapat mengurangi ketegangan perdagangan," pungkasnya.



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id