Harga Minyak Dunia Turun

    Angga Bratadharma - 25 Februari 2020 08:02 WIB
    Harga Minyak Dunia Turun
    Ilustrasi. FOTO: AFP
    New York: Harga minyak dunia turun tajam pada Senin waktu setempat (Selasa WIB). Pelemahan terjadi karena para pedagang khawatir tentang perlambatan ekonomi global, yang berpotensi akan menekan permintaan minyak mentah.

    Mengutip Xinhua, Selasa, 25 Februari 2020, minyak West Texas Intermediate untuk pengiriman April ditutup minus USD1,95 menjadi USD51,43 per barel di New York Mercantile Exchange. Minyak mentah brent untuk pengiriman April turun USD2,20 menjadi ditutup pada USD56,30 per barel di London ICE Futures Exchange.

    "Pergeseran cepat dalam sentimen dapat dijelaskan oleh kekhawatiran tentang permintaan. Permintaan minyak yang lebih lemah akan membuat kelebihan pasokan yang ada di pasar minyak semakin besar," kata Analis Energi Commerzbank Research Carsten Fritsch, dalam sebuah catatan.

    Pelaku pasar berharap bahwa Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya, sebuah kelompok yang dikenal sebagai OPEC+, akan mengumumkan pengurangan produksi yang lebih besar untuk mengurangi kemungkinan penurunan terkait permintaan dalam virus, menurut para ahli.

    Pada Desember, kelompok OPEC+ sepakat untuk memperdalam penurunan produksi dengan tambahan 500.000 barel per hari, sehingga total pemotongan menjadi 1,7 juta barel setiap hari. OPEC, Rusia, dan produsen lainnya sebagian besar membatasi produksi minyak dalam beberapa tahun terakhir untuk mendorong harga.

    Di sisi lain, bursa saham Amerika Serikat jatuh pada awal pekan atau Senin waktu setempat (Selasa WIB) dengan ketiga indeks utama anjlok lebih dari tiga persen. Pelemahan itu terjadi di tengah meningkatnya penghindaran risiko.

    Indeks Dow Jones turun sebanyak 3,56 persen menjadi 27.960,80. Sementara S&P 500 melemah sebanyak 3,35 persen menjadi 3.225,89, sedangkan Nasdaq turun sebanyak 3,71 persen menjadi 9.221,28.

    Semua dari 30 perusahaan komponen Dow Jones ditutup di wilayah merah, dengan UnitedHealth Group dan American Express masing-masing merugi 7,84 persen dan 4,97 persen, menjadi dua penghambat teratas. Indikator perdagangan Boeing dan Caterpillar masing-masing turun 3,78 persen dan 3,67 persen.

    Sebagian besar saham maskapai penerbangan diperdagangkan melemah tajam, dengan American Airlines dan Delta Air Lines masing-masing melemah 8,52 persen dan 6,29 persen. Semua sektor S&P 500 utama diperdagangkan lebih rendah. Energi dan teknologi masing-masing turun 4,74 persen dan 4,19 persen.



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id