Tiongkok Alokasikan USD10,3 Miliar untuk Korona

    Ade Hapsari Lestarini - 10 Februari 2020 07:18 WIB
    Tiongkok Alokasikan USD10,3 Miliar untuk Korona
    Ilustrasi bendera Tiongkok. Foto: AFP.
    Beijing: Pemerintah Tiongkok telah mengalokasikan total dana fiskal 71,85 miliar yuan (sekitar USD10,3 miliar) untuk mendukung pengendalian wabah virus korona.

    Melansir Xinhua, Senin, 10 Februari 2020, Menteri Keuangan Tiongkok Liu Kun mengatakan pada pukul 6 malam Sabtu, 8 Februari 2020 waktu setempat, Tiongkok telah menghabiskan dana sebesar 31,55 miliar yuan.

    Liu menekankan bahwa pengawasan harus diperkuat untuk memastikan mereka yang membutuhkan mendapatkan dana. Dia menambahkan, otoritas fiskal pusat akan terus meluncurkan kebijakan yang menguntungkan demi mendukung pengendalian epidemi.

    Ketika bisnis dari beberapa perusahaan kecil terpukul keras selama liburan Festival Musim Semi, otoritas fiskal di semua tingkatan harus siap untuk meringankan kesulitan mereka ketika mereka melanjutkan produksi.

    Kucurkan Dana Kredit

    Di sisi lain Bank Sentral Tiongkok akan mengeluarkan pinjaman senilai USD300 miliar yuan (sekitar USD43 miliar) kepada bank-bank kebijakan dan komersial melalui program pinjaman ulang pada Senin.

    Hal ini dilakukan sebagai bagian dari langkah-langkah untuk membiayai kontrol terhadap wabah baru virus korona.

    Wakil Gubernur Bank Rakyat China Liu Guoqiang mengatakan pinjaman khusus akan dikeluarkan pada tingkat preferensial. Bank-bank komersial harus menggunakan pinjaman tersebut untuk mendukung kegiatan-kegiatan yang secara langsung terkait dengan pengendalian epidemi oleh perusahaan-perusahaan yang dicantumkan oleh pihak berwenang.

    Liu menegaskan, karena pinjaman akan dikeluarkan dengan suku bunga lebih rendah dari suku bunga pasar, bank sentral akan dengan ketat melacak penggunaan dana untuk mencegah potensi arbitrase.

    Menteri Keuangan negara Liu Kun menambahkan bahwa Tiongkok akan meningkatkan dukungan keuangan dan menawarkan insentif pajak untuk perusahaan yang terlibat dalam pengendalian epidemi.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id