comscore

Mata Uang Euro Cetak Kenaikan Bulanan Terbaik

Antara - 31 Mei 2022 18:48 WIB
Mata Uang Euro Cetak Kenaikan Bulanan Terbaik
Mata Uang Euro. Foto : AFP.
London: Mata uang euro mencetak kenaikan pada bulan terbaik dalam setahun menjelang rilis data inflasi yang akan meningkatkan ekspektasi kenaikan suku bunga dari Bank Sentral Eropa (ECB).

Harga-harga konsumen Jerman melonjak 8,7 persen dan tingkat inflasi Spanyol melanjutkan kenaikannya, menyiapkan panggung untuk lebih banyak rekor data inflasi agregat zona euro untuk Mei, dengan jajak pendapat Reuters memperkirakan angka 7,7 persen.
Dengan kesepakatan Uni Eropa memotong 90 persen dari impor minyak Rusia pada akhir tahun ini, inflasi tidak mungkin dijinakkan dalam waktu dekat, meskipun pasar memperkirakan kenaikan suku bunga 115 basis poin yang agresif dalam enam bulan terakhir pada 2022.

"Risikonya secara signifikan naik untuk data agregat zona euro," kata Kepala Strategi Mata Uang di RBC Capital Markets Adam Cole, dikutip dari Antara, Selasa, 31 Mei 2022.

"Revisi ke atas yang substansial terhadap lintasan inflasi jangka pendek ECB kemungkinan terjadi ketika putaran perkiraan staf ECB berikutnya diterbitkan pada Juni," tambah dia.

Mata uang euro berada di 1,0737 dolar AS, turun 0,4 persen, setelah mencapai level tertinggi lima minggu di 1,0786 dolar AS semalam. Mata uang tunggal ditetapkan untuk kenaikan 2,2 persen pada Mei, yang akan menjadi kenaikan bulanan terbesar dalam setahun.

Keuntungan euro semalam menopang dolar, yang juga diuntungkan dari lonjakan imbal hasil obligasi pemerintah AS.

Indeks dolar yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama lainnya berada di 101,71, setelah jatuh ke level terendah lima minggu di 101,29 semalam.

Berita para pemimpin Uni Eropa sepakat untuk memotong sebagian besar impor minyak dari Rusia pada akhir tahun ini mengirim harga minyak lebih tinggi dan mendorong mata uang komoditas.

Dolar Kanada menyentuh 1,2653 per dolar AS, mendekati level tertinggi satu bulan yang dicapai semalam, menjelang pertemuan bank sentral Kanada di mana semua 30 ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan kenaikan suku bunga 50 basis poin menjadi 1,50 persen.

Bitcoin berada di posisi terdepan di sekitar USD31.600 setelah naik di atas USD32 ribu semalam untuk pertama kalinya dalam lebih dari tiga minggu.

(SAW)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id