Ekspor AS ke Tiongkok Tumbuh 18% di 2020

    Angga Bratadharma - 29 Mei 2021 15:05 WIB
    Ekspor AS ke Tiongkok Tumbuh 18% di 2020
    Ilustrasi. FOTO: Jason Lee/AFP



    Shanghai: Dewan Bisnis AS-Tiongkok atau US-China Business Council (USCBC) mencatat aktivitas ekspor Amerika Serikat (AS) ke Tiongkok telah menguntungkan hampir semua negara bagian dan industri AS. Kondisi itu terjadi meski kedua negara masih berselisih dan hubungannya tetap memanas meski Joe Biden menggantikan Donald Trump sebagai Presiden.

    Mengutip Xinhua, Sabtu, 29 Mei 2021, data yang dirilis oleh dewan tersebut menunjukkan bahwa ekspor AS ke Tiongkok tumbuh sekitar 18 persen secara tahun ke tahun menjadi lebih dari USD123 miliar pada 2020. Sementara ekspornya ke seluruh dunia turun 15 persen selama periode yang sama.

     



    Tiongkok menjadi pasar terbesar ketiga Amerika Serikat untuk ekspor barang selama periode tersebut. Tiongkok juga termasuk di antara lima tujuan barang teratas untuk 45 negara bagian AS, dengan 35 negara mengalami pertumbuhan ekspor ke Tiongkok dan sembilan negara bagian memperoleh lebih dari USD1 miliar dalam pertumbuhan nilai ekspor.

    Di antara mereka, Texas menunjukkan nilai ekspor terbesar ke Tiongkok, dengan total USD16,9 miliar. Sementara Louisiana mencapai pertumbuhan terbesar, naik hampir 120 persen secara tahun ke tahun.

    Berbagai macam industri juga telah melaporkan peningkatan yang memuaskan. Pada 2020, pendorong utama pertumbuhan termasuk minyak sayur dan biji-bijian, semikonduktor dan komponennya, serta minyak dan gas, dengan volume ekspor masing-masing sebesar USD17,2 miliar, USD12 miliar, dan USD9,2 miliar.

    "Statistik semacam itu mencerminkan fakta bahwa, terlepas dari pandemi covid-19, kedua negara masih saling bergantung secara ekonomi, dengan pertukaran ekonomi dan perdagangan tetap menjadi landasan," kata USCBC.

    Sejauh ini, perusahaan Amerika terus menunjukkan ekspektasi optimistis terkait pasar Tiongkok. Sekitar 1.600 perusahaan Amerika mulai beroperasi di Tiongkok pada tahun lalu.
     

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id