Terpecah tentang Arah Kebijakan Moneter AS, Ekonom: Memalukan bagi Fed!

    Angga Bratadharma - 19 September 2021 13:03 WIB
    Terpecah tentang Arah Kebijakan Moneter AS, Ekonom: Memalukan bagi Fed!
    Ilustrasi. FOTO: Xinhua/Liu Jie



    Washington: Federal Reserve bakal melakukan pertemuan besar pada minggu depan, yang akan diadakan di bawah awan dilema etika. Pasalnya, bank sentral Amerika Serikat (AS) ini menemui perpecahan cukup keras tentang arah kebijakan moneter di masa mendatang.

    Pasar sebagian besar mengharapkan Fed untuk menjalankan pertemuan dua hari tanpa keputusan besar. Namun tidak ditampik, akomodasi yang dilakukan di era pandemi terkait pelonggaran kebijakan bisa segera berakhir seiring upaya pemulihan ekonomi yang terus dilakukan.

     



    'Meruncing' disebut menjadi kata yang bakal keluar usai pertemuan dua hari The Fed, dengan para pejabat lainnya juga akan merilis perkiraan mereka terkait masa depan suku bunga, pertumbuhan ekonomi, dan tingkat inflasi.

    Semua itu akan diatur dengan latar belakang kontroversi. Pasalnya, laporan berita dalam beberapa hari terakhir menunjukkan pejabat Fed telah memengaruhi gerak saham dan obligasi secara tidak langsung akibat keputusan kebijakan mereka. Pada saat yang sama, pidato selama beberapa minggu terakhir menunjukkan perpecahan di antara pejabat Fed.

    Perpecahan itu yakni sebagian pejabat Fed yang mengatakan sekarang saatnya untuk mulai memperketat kebijakan dan mereka yang lebih suka menunggu. Untuk Fed yang biasanya tenang, keadaan saat ini tidak biasa dan dapat menghasilkan beberapa dinamika yang menarik.

    "Saya pikir itu memalukan bagi The Fed," kata Kepala Strategi Kebijakan AGF Investments Greg Valliere, dilansir dari CNBC International, Minggu, 19 September 2021.

    Ia juga mengungkapkan tentang kontroversi perdagangan yang sebagian besar melibatkan Presiden Fed Dallas Robert Kaplan dan Presiden Fed Boston Eric Rosengren. "Tapi saya tidak berpikir itu akan mengubah kebijakan sama sekali. Saya pikir itu akan segera menjadi kaca spion, dengan asumsi tidak ada sepatu lain yang bisa dijatuhkan," tukasnya.

    Ada masalah kredibilitas di pasar dengan Wall Street dan investor perlu percaya bahwa The Fed setidaknya sebagian besar bersatu dalam pendekatan kebijakan moneternya. Hal itu untuk menetapkan suku bunga dan pergerakan terkait yang memiliki dampak terhadap pergerakan pasar.

    "Etika di sini terlihat buruk. Mereka seharusnya tahu lebih baik. Begitu Anda kehilangan otoritas moral itu, itu masalah," Joseph LaVorgna, pungkas Kepala Ekonom Amerika Natixis dan mantan Kepala Ekonom Dewan Ekonomi Nasional selama Pemerintahan Trump.

     

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id