comscore

The Fed Umumkan Kenaikan Suku Bunga Terbesar Sejak 1994, Berapa?

Ade Hapsari Lestarini - 16 Juni 2022 06:19 WIB
The Fed Umumkan Kenaikan Suku Bunga Terbesar Sejak 1994, Berapa?
Gedung The Fed. Foto: AFP/Daniel Slim.
Washington: Federal Reserve mengumumkan kenaikan suku bunga paling agresif dalam hampir 30 tahun, menaikkan suku bunga acuan sebesar 0,75 poin persentase pada Rabu (15 Juni) karena berjuang melawan lonjakan inflasi.

Melansir Channel News Asia, Kamis, 16 Juni 2022, kenaikan sebesar 0,75 poin persentase datang karena The Fed berada di bawah tekanan kuat untuk mengekang melonjaknya harga gas dan makanan yang telah membuat jutaan orang Amerika berjuang untuk memenuhi kebutuhan.
Ketua Fed Jerome Powell mengatakan kenaikan itu penting untuk menurunkan inflasi, dan pembuat kebijakan memiliki alat yang dibutuhkan dan tekad yang diperlukan untuk memulihkan stabilitas harga atas nama keluarga Amerika.

Dia menekankan tujuannya adalah untuk mencapai itu tanpa menggelincirkan ekonomi AS, tetapi mengakui selalu ada risiko karena melangkah terlalu jauh.

Komite Pasar Terbuka Federal yang menetapkan kebijakan Fed menaikkan suku bunga pinjaman acuan ke kisaran 1,5 persen hingga 1,75 persen, naik dari nol pada awal tahun. Itu adalah kenaikan 75 basis poin pertama sejak November 1994.

"Langkah itu (menaikkan suku bunga) sangat besar. Namun saya tidak berharap langkah sebesar ini menjadi hal biasa. Dari perspektif hari ini, kenaikan 50 basis poin atau 75 basis poin tampaknya paling mungkin terjadi pada pertemuan kami berikutnya. Sangat penting kita menurunkan inflasi jika kita ingin memiliki kondisi pasar tenaga kerja kuat yang menguntungkan semua orang," ujar Powell kepada wartawan.

Biden telah mendukung upaya The Fed dan berharap untuk sukses karena Partai Demokratnya menghadapi kemungkinan kehilangan kendali Kongres dalam pemilihan paruh waktu utama pada November.

Dia menyalahkan oposisi Partai Republik karena memblokir tagihan yang dimaksudkan untuk membantu menurunkan biaya dan mengurangi kendala pasokan.

Penasihat ekonomi Gedung Putih Brian Deese mengatakan kepada Fox News langkah paling konstruktif yang dapat diambil Kongres dan cabang eksekutif untuk membantu mendukung apa yang coba dilakukan The Fed adalah dengan menurunkan biaya yang dihadapi keluarga secara langsung dan untuk menurunkan defisit federal.

(AHL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id