Tunggu Dulu! Elon Musk Bukan Orang Terkaya di Dunia, Tapi...

    Ade Hapsari Lestarini - 08 Januari 2021 18:37 WIB
    Tunggu Dulu! Elon Musk Bukan Orang Terkaya di Dunia, Tapi...
    Elon Musk. Foto: Odd Andersen/AFP.
    Jakarta: Meskipun kekayaan bersihnya meroket dalam beberapa bulan terakhir, Elon Musk tetap menjadi orang terkaya kedua di dunia menurut perkiraan Forbes. Pada Rabu lalu, laporan dari Bloomberg menobatkan jika Musk sekarang adalah orang terkaya di dunia. Namun tidak bagi Forbes.

    Saham pembuat kendaraan listrik milik Musk, Tesla (TSLA) merangkak naik 7,9 persen pada perdagangan Kamis. Kenaikan saham ini mendorong kekayaan bersih Musk naik USD9,8 miliar menjadi USD175,2 miliar setara Rp2.466 triliun (kurs Rp14.094).

    Melansir Forbes, Jumat, 8 Januari 2021, kenaikan saham ini membuatnya lebih kaya USD22 miliar daripada orang terkaya ketiga di planet ini, taipan mewah Prancis Bernard Arnault. Tetapi masih USD11 miliar di belakang orang nomor satu dunia, CEO Amazon Jeff Bezos. Forbes memperkirakan bahwa Bezos memiliki kekayaan bersih USD186,8 miliar.

    Kekayaan bersih Musk telah meningkat pesat selama setahun terakhir. Kekayaannya telah bertambah hampir USD150 miliar sejak Maret 2020, ketika kekayaannya mencapai USD24,6 miliar.

    Baca: Makin Tajir, Elon Musk Jadi Orang Terkaya di Dunia

    Sebagian besar kenaikan itu berasal dari meroketnya harga saham Tesla, yang naik lebih dari 720 persen pada 2020. Sejauh ini, telah naik 10 persen selama minggu pertama 2021.

    Ketika saham Tesla melonjak menjelang masuk ke dalam indeks S&P 500 pada 21 Desember 2020, Musk melampaui kekayaan CEO Facebook Mark Zuckerberg (yang bernilai USD98,2 miliar) untuk menjadi orang terkaya keempat di dunia pada awal November.

    Dia juga kemudian melompati kekayaan salah satu pendiri Microsoft Bill Gates (senilai USD121,9 miliar), yang berada di posisi ketiga.

    Musk memiliki sekitar 21 persen saham Tesla, ditambah saham di perusahaan roket swasta SpaceX. Saham Tesla masih berada di rekor tertinggi, sekarang diperdagangkan dengan harga lebih dari USD800 per saham.

    Adapun kapitalisasi pasar perusahaan sebesar USD765 miliar sejauh ini menjadikannya sebagai perusahaan mobil paling berharga di dunia.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id