Tiongkok Minta AS Fokus Tingkatkan Daya Saing Sendiri

    Angga Bratadharma - 14 Mei 2021 14:21 WIB
    Tiongkok Minta AS Fokus Tingkatkan Daya Saing Sendiri
    Ilustrasi. FOTO: Jason Lee/AFP



    Beijing: Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Hua Chunying mengungkapkan Amerika Serikat (AS) harus fokus pada peningkatan daya saingnya sendiri, yang hanya dapat dicapai melalui kerja sama. Sejauh ini, hubungan kedua negara masih memanas dan perang dagang belum sepenuhnya berakhir karena pengenaan pajak tinggi belum dicabut.

    "Jika menghadapi atau bahkan menindas pihak lain, itu hanya akan meningkatkan permusuhan dan akhirnya menyebabkan kerugian di kedua belah pihak," kata Hua Chunying, dilansir dari Xinhua, Jumat, 14 Mei 2021.

     



    Hua mengatakan selama beberapa waktu, terutama sejak Pemerintahan AS sebelumnya, Washington telah mencoba segala cara untuk melawan Tiongkok termasuk mengancam dengan kekerasan, isolasi politik, sanksi ekonomi, blokade teknis, mencampuri urusan dalam negeri Tiongkok terkait Hong Kong, Taiwan, dan Xinjiang.

    Selain itu, lanjutnya, memaksa dan mendorong negara lain untuk membentuk aliansi anti Tiongkok. "Praktik mereka tidak legal atau bermoral, dan pada akhirnya tidak akan berhasil, tetapi hanya akan merugikan kepentingan Amerika Serikat dan rakyatnya," tuturnya.

    Dirinya mengungkapkan cetak biru strategis Tiongkok selalu terbuka dan transparan kepada dunia. "Kami tidak pernah bertujuan untuk melampaui Amerika Serikat. Tujuan kami adalah untuk terus meningkatkan diri dan melampaui diri kami untuk menjadi Tiongkok yang lebih baik, sehingga rakyat Tiongkok dapat menjalani kehidupan yang lebih baik," ucapnya.

    Di saat yang sama, pembangunan Tiongkok akan berkontribusi lebih banyak bagi perdamaian dunia dan pengembangan. "Jika ada persaingan, Tiongkok tidak akan menghindarinya. Namun, persaingan harus adil dan adil, mengikuti aturan pasar, dan AS tidak boleh menggunakan kekuatannya untuk mencabut hak pembangunan normal dan sah negara lain," tuturnya.

    "Saya berharap Pemerintah AS akan mendengarkan suara keadilan dari orang-orang yang berwawasan di Amerika Serikat dan komunitas internasional, termasuk Tuan Freeman," tambah Hua.

    Hua membuat pernyataan tersebut setelah Chas W Freeman, mantan Asisten Menteri Pertahanan AS untuk urusan keamanan internasional, menerbitkan sebuah artikel berjudul 'Washington sedang memainkan permainan yang kalah dengan Tiongkok', di mana dia berkata, jika Amerika Serikat tetap bertahan dalam konfrontasi, ia akan semakin terisolasi.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id