4 Perusahaan Tiongkok Masuk Daftar Hitam Pentagon

    Arif Wicaksono - 22 November 2020 07:35 WIB
    4 Perusahaan Tiongkok Masuk Daftar Hitam Pentagon
    Tiongkok. Foto : AFP.
    Washington: Washington siap menunjuk empat perusahaan Tiongkok  lagi yang didukung oleh militer Tiongkok untuk membatasi akses mereka ke investor Amerika Serikat (AS). Ini usaha Donald Trump  menjelang pelantikan presiden AS terpilih pada Januari 2021.

    "Penunjukan itu, yang belum pernah dilaporkan sebelumnya, dapat dirilis oleh Departemen Pertahanan secepatnya Jumat (21 November) tetapi mungkin diumumkan minggu depan," kata seorang pejabat AS dan satu orang yang mengetahui masalah yang menolak disebutkan namanya dikutip dari Channel News Asia, Minggu, 22 November 2020.

    Penambahan tersebut akan membuat jumlah perusahaan Tiongkok yang terkena dampak menjadi 35. Mereka termasuk raksasa seperti Hikvision China Telecom Corp dan China Mobile, yang ditambahkan awal tahun ini.

    Daftar "Perusahaan Militer Tiongkok Komunis" diamanatkan oleh undang-undang 1999 yang mewajibkan Pentagon untuk menyusun katalog perusahaan yang dikendalikan oleh Tentara Pembebasan Rakyat, tetapi departemen pertahanan hanya mematuhinya tahun ini.

    Langkah terbaru akan datang hanya beberapa hari setelah Gedung Putih menerbitkan perintah eksekutif, yang berusaha melarang investor AS membeli sekuritas dari perusahaan yang masuk daftar hitam mulai November 2021.

    Arahan itu tidak mungkin memberikan pukulan serius bagi perusahaan, kata para ahli, karena ruang lingkupnya yang terbatas. Investor juga masih merasa ketidakpastian tentang sikap pemerintahan Biden yang akan datang terhadap hubungan Tiongkok-AS.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id