Hari Ini Ramai Black Friday, Apa Itu?

    Ade Hapsari Lestarini - 26 November 2021 11:17 WIB
    Hari Ini Ramai <i>Black Friday</i>, Apa Itu?
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id



    Jakarta: Penggemar belanja pasti selalu menanti Black Friday. Hari berbelanja sedunia ini selalu dirayakan sehari setiap tahunnya setelah liburan Thanksgiving pada Kamis. Hari ini, Jumat, 26 November, Black Friday pun dimulai.

    Melansir Hindustan Times, Jumat, 26 November 2021, Black Friday awalnya dilakukan di Negeri Paman Sam, Amerika Serikat (AS). Momentum ini diklaim menjadi hari berbelanja sedunia. Toko retail pun berlomba-lomba memberikan potongan harga barang-barang bermerek mereka.

    Pada hari ini, banyak toko offline dan online menawarkan produk mereka dengan diskon tinggi kepada pelanggan. Seringkali, toko buka sangat awal, terkadang tengah malam atau bahkan pada hari Thanksgiving untuk memulai penjualan Black Friday mereka.

    Apa itu Black Friday?

    Black Friday adalah penjualan di akhir pekan setelah hari Thanksgiving yang dikaitkan dengan belanja pasca-Thanksgiving dan pra-Natal. Orang-orang mendapatkan diskon menarik di toko-toko di seluruh Amerika selama waktu ini. Namun, tradisi tersebut kini telah diadopsi oleh pengecer di seluruh dunia.

    Makna dan sejarah Black Friday

    Thanksgiving telah menjadi budaya tersendiri di Amerika Serikat selama lebih dari berabad-abad. Peraayaan ini dilakukan setiap tahun pada Kamis keempat November setiap tahun setelah Franklin D Roosevelt mengeluarkan proklamasi pada 1942. Namun kemudian, Black Friday yang dikaitkan dengan Thanksgiving datang sekitar pertengahan abad ke-20.

    Black Friday diyakini melambangkan kehancuran pasar emas AS pada 1869. Itu adalah hari jatuhnya harga emas yang menyebabkan jatuhnya pasar, sehingga dampaknya dirasakan oleh ekonomi AS selama bertahun-tahun.

    Atau, juga diyakini istilah Black Friday berasal dari AS, khususnya di Philadelphia, pada 1960-an. Departemen Kepolisian Philadelphia telah mengeluh tentang hari Jumat setelah Hari Thanksgiving ketika jalan-jalan macet dan macet dengan lalu lintas. Mereka menyebutnya "Jumat Hitam".

    Di sisi lain, laman blog Oxford University mengatakan para peneliti di Oxford English Dictionary menemukan istilah itu pertama kali muncul pada 1610, yang tidak ada hubungannya dengan penjualan atau Thanksgiving. Sebaliknya, setiap hari Jumat, saat ujian jatuh disebut Black Friday.

    Menurut Oxford University Press, perayaan Black Friday sebagai awal musim belanja Natal dimulai pada 1961. Selanjutnya, Parade Hari Thanksgiving yang ikonik oleh departmen store AS Macy's memperkuat hubungan antara hari Jumat setelah Thanksgiving dan dimulainya musim belanja.

    Meskipun orang-orang bersuka ria selama musim liburan menantikan penjualan Black Friday untuk memulai belanja meriah mereka, para kritikus menyalahkan hari itu karena mempromosikan konsumsi yang berlebihan.(AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id