Sentimen Perusahaan Besar Jepang Mulai Positif

    Arif Wicaksono - 14 September 2021 13:29 WIB
    Sentimen Perusahaan Besar Jepang Mulai Positif
    Jepang. Foto : AFP.



    Tokyo: Sentimen bisnis di antara perusahaan besar Jepang pada periode Juli 2021 hingga September 2021 berubah positif untuk pertama kalinya dalam tiga kuartal terakhir. Hal ini karena kemajuan dalam vaksinasi covid-19 mengangkat ekspektasi untuk pemulihan ekonomi.

    Indeks kepercayaan yang mencakup perusahaan dengan modal satu miliar (USD9,1 juta) atau lebih terdaftar ditambah 3,3, naik dari minus 4,7 pada periode April hingga Juni, menurut survei bersama oleh Kementerian Keuangan dan Kantor Kabinet Jepang dikutip dari Japantimes, Selasa, 14 September 2021.

     



    Angka-angka tersebut dihitung dengan mengurangkan persentase perusahaan yang melaporkan kondisi yang memburuk dari mereka yang mengamati kondisi perbaikan. Indeks untuk produsen berdiri di 7,0, naik dari minus 1,4 pada kuartal sebelumnya, berubah positif untuk pertama kalinya dalam dua kuartal.

    "Permintaan untuk produk termasuk peralatan pembuat chip dan semikonduktor yang digunakan untuk mobil melonjak di tengah kekurangan chip global," kata pejabat.

    Indeks untuk non-manufaktur, termasuk akomodasi dan restoran, menjadi positif untuk pertama kalinya dalam tiga kuartal karena naik menjadi plus 1,5 dari minus 6,2, dengan lebih banyak orang di Jepang yang divaksinasi.

    Indeks juga didukung oleh pemulihan di bidang-bidang seperti periklanan yang rebound dari penurunan yang disebabkan oleh pukulan pada awal pandemi tahun lalu.

    "Kondisi bisnis tetap parah karena infeksi virus corona," kata seorang pejabat pemerintah kepada wartawan.

    “Tetapi hasilnya kemungkinan mencerminkan fakta bahwa ekonomi terus melanjutkan tren pemulihan, dengan sentimen perusahaan meningkat ketika kampanye vaksinasi dipromosikan.” jelas dia.

    Yasutoshi Nishimura, Menteri yang mengatasi pandemi covid-19 di Jepang, mengatakan pada hari Minggu lebih dari 50 persen  populasi negara itu sekarang telah sepenuhnya divaksinasi dan bahwa angka itu akan segera menyusul ekonomi utama Eropa. seperti Inggris dan Prancis.

    Survei tersebut mencakup 14.580 perusahaan dengan modal 10 juta atau lebih, dengan 11.143, atau 76,4 persen, merespons pada 15 Agustus. Pada pertengahan Agustus, negara itu melihat peningkatan kasus infeksi baru setiap hari di tengah penyebaran delta yang sangat menular.

    Indeks juga berubah positif untuk perusahaan menengah dengan modal antara 100 juta yen dan 1 miliar yen, meningkat menjadi plus 0,2 dari minus 9,0 di bulan April hingga Juni 2021.

    Indeks untuk perusahaan kecil yang dikapitalisasi pada 10 juta yen atau lebih tetapi kurang dari 100 juta yen tetap negatif pada minus 18,0, tetapi meningkat dari minus 25,5 pada periode sebelumnya.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id