Tekan Kerusakan Ekonomi Akibat Covid-19

    Trump Resmi Luncurkan Paket Stimulus Rp35 Ribu Triliun

    Angga Bratadharma - 28 Maret 2020 14:06 WIB
    Trump Resmi Luncurkan Paket Stimulus Rp35 Ribu Triliun
    Presiden Donald Trump menandatangani paket penyelamatan senilai USD2 triliun untuk memberikan bantuan ekonomi di tengah wabah virus korona. FOTO: Jim Watson/AFP
    Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akhirnya memutuskan  menandatangani Rancangan-Undang-Undang Bantuan Virus Korona senilai USD2 triliun atau setara Rp35 ribu triliun (kurs Rp16 ribu per USD). Hal itu dilakukan lantaran Washington mencoba menekan kerusakan ekonomi akibat pandemi covid-19 yang merobek Amerika Serikat.

    "Saya menandatangani satu paket bantuan ekonomi terbesar dalam sejarah Amerika. Ini akan memberikan pertolongan yang sangat dibutuhkan bagi keluarga, pekerja, dan bisnis bangsa kita, dan itu lah masalahnya," kata Trump, di Kantor Oval, seperti dikutip dari CNBC, Sabtu, 28 Maret 2020.

    Trump menandatangani RUU menjadi UU sehari setelah data menunjukkan klaim pengangguran melejit ke rekor 3,3 juta. Hal itu karena bisnis di seluruh negeri ditutup untuk memperlambat penyebaran covid-19. Rumah sakit, khususnya di New York yang porak-poranda, telah meminta lebih banyak sumber daya saat mereka berjuang mengimbangi serbuan pasien terjangkit covid-19.

    Adapun jumlah kasus covid-19 di Amerika Serikat telah melonjak melampaui 100 ribu. Data ini menjadikan AS sebagai negara dengan infeksi tertinggi covid-19 di dunia, jauh melewati Tiongkok dan Italia yang berada di kisaran 80 ribu kasus.
     
    Berdasarkan data terbaru Universitas Johns Hopkins pada Sabtu, 28 Maret 2020, jumlah infeksi covid-19 di seantero AS mencapai 104.007 dengan 1.702 kematian dan 890 pasien sembuh. Kamis kemarin, AS resmi melewati Tiongkok dan Italia dalam hal jumlah kasus covid-19. Saat ini, jumlah infeksi covid-19 di Tiongkok mencapai 81.905, dan Italia 86.498.

    Secara global, total kasus covid-19 melampaui 597 ribu dengan lebih dari 27 ribu kematian. Total pasien covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh menyentuh angka 131.698. Dari total kasus covid-19 di AS, sebagian besarnya ada di negara bagian New York. Jumlah kasus covid-19 di negara bagian New York melampaui 6.000, dengan lebih dari 500 pasien dinyatakan meninggal.
     
    Di sisi lain, Pemimpin Mayoritas Senat AS Mitch McConnell, seorang anggota Partai Republik Kentucky, mengatakan di lantai Senat bahwa paket bantuan darurat akan membantu orang-orang di AS menghadapi badai virus korona. Hal itu menjadi penting yang harapannya penyebaran virus tersebut bisa ditekan sedemikian rupa demi kepentingan bersama.

    Persetujuan Senat AS atas UU itu datang setelah Gedung Putih dan para pemimpin Senat AS mencapai kesepakatan mengenai rencana stimulus, setelah berhari-hari negosiasi yang keras antara Partai Republik dan Demokrat. Sebelumnya McConnell mengecam Demokrat karena keberpihakan sinis mereka, dengan anggota parlemen lainnya berselisih mengenai rinician.



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id