Kasus Covid-19 Melonjak, Fed Peringatkan Risiko Krisis Keuangan

    Angga Bratadharma - 04 Juli 2020 15:15 WIB
    Kasus Covid-19 Melonjak, Fed Peringatkan Risiko Krisis Keuangan
    Lambang The Fed. Foto: AFP.
    New York: Presiden Federal Reserve St Louis James Bullard memperingatkan semakin banyak kebangkrutan akibat wabah virus korona yang dapat menyebabkan krisis keuangan. Upaya terus menerus untuk memutus mata rantai penyebaran virus mematikan itu penting, agar tidak memberikan efek negatif lebih dalam.

    "Tanpa manajemen risiko yang lebih terperinci dari kebijakan kesehatan, kita bisa terkena gelombang kebangkrutan substansial dan itu dapat menjadi sumber krisis keuangan," kata Bullard, seperti dikutip dari CNBC, Sabtu, 4 Juli 2020.

    Dia memperingatkan adanya 'tikungan' dalam krisis kesehatan. "Mungkin bijaksana untuk menjaga fasilitas pinjaman kami tetap ada untuk saat ini, meskipun memang benar bahwa likuiditas telah meningkat secara dramatis di pasar keuangan," ucapnya.

    Kasus baru covid-19 naik hampir 50 ribu di Amerika Serikat (AS) pada Rabu waktu setempat (Kamis WIB), menurut penghitungan. Kondisi itu menandai lonjakan satu hari terbesar sejak awal pandemi. Melonjaknya kasus-kasus di seluruh negeri bagian AS, termasuk negara bagian California, Florida, dan Texas yang padat penduduk, mengancam pemulihan ekonomi yang mulai tumbuh.

    The Fed bergerak agresif pada Maret untuk mendukung ekonomi AS dengan memangkas suku bunga acuan mendekati nol persen, membeli triliunan dolar dalam bentuk obligasi, dan meluncurkan serangkaian alat pinjaman darurat untuk menjaga penyaluran kredit tetap mengalir ke rumah tangga dan dunia bisnis.

    Program terakhir diluncurkan pada Senin lalu, sehingga dapat digunakan the Fed untuk membeli obligasi korporasi yang baru dicetak. Sejauh ini, bank sentral AS terus berupaya menjaga perekonomian AS dari sisi kebijakan moneter agar ekonomi AS tidak jatuh lebih dalam akibat pandemi covid-19.

    "Dengan semua program ini, idenya adalah untuk memastikan pasar tidak membeku sepenuhnya," pungkasnya.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id