comscore

Suku Bunga Bank Sentral Inggris Bisa Tembus 4%

Antara - 12 Mei 2022 12:00 WIB
Suku Bunga Bank Sentral Inggris Bisa Tembus 4%
Ilustrasi bendera Inggris - - Foto: AFP/Justin
London: Suku bunga acuan Bank sentral Inggris (BoE) bisa mencapai di atas empat persen untuk mengendalikan lonjakan inflasi.

Komite Kebijakan Moneter (MPC) BoE telah menaikkan suku bunga utama empat kali sejak Desember menjadi 1,0 persen ke level tertinggi sejak 2009.
"Dalam pandangan saya, tingkat bunga nominal-tingkat bunga jangka pendek yang dikendalikan MPC, harus naik setidaknya 250 hingga 300 basis poin dari saat ini," kata Adam Posen, yang menjabat di MPC dari 2009 hingga 2012.

Bulan lalu, Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan Inggris akan melihat pertumbuhan yang lebih lemah dan inflasi yang lebih tinggi daripada ekonomi maju utama lainnya tahun depan.

Sementara negara-negara secara global menderita dari melonjaknya harga energi dan kemacetan rantai pasokan, diperburuk oleh invasi Rusia ke Ukraina, Posen mengatakan inflasi ekstra di Inggris tampaknya sebagian besar disebabkan oleh Brexit.


Perkiraan BoE menyiratkan suku bunga mungkin naik kurang dari ekspektasi pasar, karena memprediksi inflasi akan secara signifikan melampaui target 2,0 persen dalam tiga tahun jika suku bunga mengikuti jalur yang diharapkan oleh pasar. Inflasi harga konsumen tahunan di Inggris mencapai 7,0 persen pada Maret, angka tertinggi dalam 30 tahun.

Charles Goodhart, yang menjabat di MPC pertama BoE berspekulasi bahwa suku bunga mungkin perlu dinaikkan lebih tinggi lagi. "Diperlukan suku bunga nominal jauh di atas 4,0 persen untuk benar-benar mulai memiliki efek signifikan pada pasar perumahan, dan taruhan saya adalah bahwa kita akan melampaui 5,0 persen," kata Goodhart.

(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id