comscore

Pernyataan Bank Sentral Bikin Rubel dan Saham Rusia Melesat

Antara - 16 Juni 2022 20:06 WIB
Pernyataan Bank Sentral Bikin Rubel dan Saham Rusia Melesat
Mata uang Rusia, rubel. Foto: AFP/Alexander Nemenov.
Moskow: Rubel dan saham Rusia naik pada perdagangan Kamis waktu setempat. Kenaikan ini terjadi setelah ketua bank sentral negara itu mengatakan mata uang akan tetap mengambang bebas dan kontrol modal harus terus dilonggarkan.

Melansir Antara, Kamis, 16 Juni 2022, pada pukul 09.00 GMT, rubel menguat 0,2 persen terhadap dolar di 56,84 dan telah naik 1,3 persen menjadi 58,99 terhadap euro.
Para pembuat kebijakan utama menggunakan forum ekonomi tahunan Rusia di St Petersburg untuk menyoroti kekuatan rubel baru-baru ini, dengan kekhawatiran hal itu dapat membebani ekonomi Rusia karena mengarah ke resesi.

Kantor Berita Tass melaporkan, Wakil Perdana Menteri Pertama Andrei Belousov mengatakan rubel dinilai terlalu tinggi dan industri akan lebih nyaman jika jatuh ke antara 70 hingga 80 terhadap dolar AS.

Gubernur Bank Sentral Elvira Nabiullina mengatakan mata uang harus tetap mengambang. Dia mendukung relaksasi lebih lanjut dari kontrol modal Moskow -diperkenalkan setelah pengenaan sanksi Barat dalam menanggapi Moskow mengirim puluhan ribu tentara ke Ukraina.

Analis mengatakan kenaikan rubel baru-baru ini ke tertinggi multi-tahun mungkin telah kehabisan tenaga.

"Kami pikir itu akan berjuang untuk memperpanjang reli baru-baru ini hingga minggu depan, ketika eksportir akan mulai meningkatkan penjualan mata uang keras mereka menjelang pembayaran pajak dan dividen," kata Analis Sberbank CIB Yuri Popov dalam sebuah catatan penelitian.

Saham Rusia juga terdorong lebih tinggi dalam perdagangan di Moskow. Indeks RTS dalam denominasi dolar menguat 1,5 persen menjadi 1.299,2 poin. Indeks MOEX Rusia berbasis rubel naik 1,0 persen menjadi 2.343,2 poin.

(AHL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id