Donald Trump Naikkan Tarif Impor Panel Surya di 2021

    Arif Wicaksono - 11 Oktober 2020 14:22 WIB
    Donald Trump Naikkan Tarif Impor Panel Surya di 2021
    Presiden AS Donald Trump. Foto : AFP.
    Washington: Presiden AS Donald Trump akan mengenakan tarif impor beberapa panel surya menjadi 18 persen untuk 2021. Angka ini naik dari tarif sebelumnya sebesar 15 persen.
    Trump mengatakan penerapan tarif ini untuk melindungi industri domestik AS setelah dia memberlakukan tarif impor pada Januari 2018.

    Dia menegaskan bahwa panel bifasial tidak boleh dikecualikan dari tarif. Hal itu telah membatasi langkah-langkah keseluruhan dan kemungkinan akan terus mengganggu keefektifannya.

    "Mengingat peningkatan impor produk yang bersaing, kami merasa perlu untuk mencabut pengecualian dan untuk menerapkan tarif perlindungan ke panel bifasial," kata Trump dalam proklamasi yang dirilis oleh Gedung Putih dikutip dari Xinhua, Minggu, 11 Oktober 2020.

    "Untuk mencapai efek perbaikan penuh yang diharapkan untuk tindakan itu, perlu untuk menyesuaikan tingkat bea dari tarif pengamanan untuk tahun keempat dari tindakan pengamanan menjadi 18 persen," kata Trump.

    Pengembang pertanian tenaga surya, termasuk Invenergy Renewables yang berbasis di Chicago, telah menuntut untuk mempertahankan pengecualian yang awalnya diberikan oleh pemerintahan Trump tetapi kemudian dibatalkan setelah para pejabat menyadari hal itu menyebabkan lonjakan impor.

    Sebelumnya, Amerika Serikat pada Januari 2018 memberlakukan bea masuk atas impor panel surya mulai dari 30 persen dan diperkirakan akan turun menjadi 15 persen pada 2021 sebelum direvisi menjadi 18 persen.

    Tiongkok dan produsen lain mendominasi pasar teknologi panel bifasial, bagian kecil dari pasar panel surya yang harganya lebih mahal tetapi menghasilkan daya yang lebih besar daripada panel tradisional.

    Konsumen dan importir berpendapat bahwa tarif yang lebih tinggi akan meningkatkan biaya mereka dan tidak perlu karena produsen dalam negeri tidak membuat panel dan tidak menghadapi kerugian dari impor.

    Produsen dalam negeri berpendapat bahwa pengembang pembangkit listrik tenaga surya dapat menggunakan panel monofasial atau bifasial, dan tarif yang lebih tinggi akan melindungi produksi dalam negeri.

    (SAW)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id