comscore

FTC Awasi Praktik Tak Adil di E-Commerce

Arif Wicaksono - 11 September 2021 10:08 WIB
FTC Awasi Praktik Tak Adil di <i>E-Commerce</i>
E-commerce. Foto : Medcom.
Seoul: Di tengah meningkatnya pengawasan terhadap raksasa online Naver dan Kakao, Korea Selatan berbicara tentang perlunya mengatur platform online raksasa untuk melindungi vendor kecil dan konsumen dengan lebih baik.

"Platform e-commerce telah membawa manfaat dan kenyamanan baru, tetapi kekhawatiran atas efek samping baru muncul," ujar Ketua Fair Trade Commission (FTC) Joh Sung-wook, dilansir dari Korea Herald, Sabtu, 11 September 2021.
"Platform online memberikan peluang baru untuk akses pasar, tetapi kekhawatiran tentang aktivitas bisnis yang tidak adil tetap ada. Konsumen diberikan lebih banyak pilihan, tetapi kerusakan pada mereka juga meningkat," katanya.

FTC akan fokus pada pengenalan langkah-langkah hukum untuk mencegah praktik tidak adil oleh operator platform e-commerce yang memiliki posisi pasar yang kuat selama pandemi covid-19.

Joh juga berbicara tentang departemen baru di FTC yang didedikasikan untuk memantau praktik perdagangan yang tidak adil di sektor periklanan digital. Dia mengatakan FTC akan melawan kegiatan bisnis yang tidak adil dari operator platform iklan, serta kemungkinan penyalahgunaan kekuatan pasar dan data pelanggan.

FTC juga akan memperluas tenaga kerja yang berfokus pada hal-hal yang berkaitan dengan toko aplikasi online dan kebijakan pembelian dalam aplikasi mereka.

Pengawas akan melihat bagaimana kebijakan pembelian dalam aplikasi dari operator toko aplikasi terkemuka memengaruhi pasar dan bagaimana kebijakan itu memengaruhi minat pelanggan dan pengembang aplikasi.

Saat ini, revisi FTC terhadap undang-undang e-commerce negara dan undang-undang untuk transaksi yang adil di platform online sedang menunggu keputusan di Majelis Nasional.

Undang-undang e-commerce yang diusulkan akan membebankan tanggung jawab yang lebih besar pada operator platform e-commerce untuk melindungi hak dan kepentingan pelanggan.

Undang-undang lain yang diusulkan untuk transaksi yang adil di platform online akan memungkinkan pemerintah untuk menjatuhkan hukuman pada platform e-commerce dengan batas atas satu miliar won (USD860 ribu) untuk praktik bisnis yang tidak adil.


(SAW)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id