comscore

UE Bakal Perketat Aturan Pajak Usai Pandora Papers Muncul

Angga Bratadharma - 07 Oktober 2021 09:42 WIB
UE Bakal Perketat Aturan Pajak Usai Pandora Papers Muncul
Ilustrasi. FOTO: AFP
Brussels: Komisioner Pajak Uni Eropa (UE) Paolo Gentiloni kepada Parlemen mengatakan Komisi Eropa pada akhir tahun akan mengajukan proposal legislatif baru untuk mengatasi upaya penghindaran dan pencegahan pajak. Hal itu bakal dilakukan usai muncul Pandora papers.

Diskusi pajak pada sesi pleno parlemen Uni Eropa ditambahkan ke agenda setelah ada laporan minggu ini tentang kebocoran besar data pajak, yang dikenal sebagai Pandora Papers, yang menunjukkan bagaimana orang kaya dan berkuasa terus secara sistematis menggunakan perusahaan lepas pantai untuk mengurangi tagihan pajak mereka.
Mengutip Channel News Asia, Kamis, 7 Oktober 2021, meski optimalisasi pajak tidak serta merta melibatkan kegiatan haram, tapi rendahnya pajak yang dibayarkan oleh orang kaya melalui bantuan penasihat pajak semakin dipertanyakan, apalagi dunia berusaha bangkit dari krisis ekonomi akibat pandemi covid-19.

Gentiloni mengatakan kepada anggota parlemen bahwa Komisi akan melanjutkan perjuangannya melawan penghindaran dan pencegahan pajak dan akan mengusulkan aturan baru untuk memperluas informasi yang perlu secara otomatis dipertukarkan di antara otoritas pajak nasional.

Dia menambahkan Komisi akan mengajukan proposal pada akhir tahun untuk mengatasi penyalahgunaan perusahaan cangkang untuk tujuan pajak. Namun, dia tidak memberikan rincian tentang proposal ini, yang telah lama dimasukkan dalam agenda awal Komisi, dengan publikasi dijadwalkan pada 22 Desember.

Gentiloni mengatakan eksekutif UE akan mengusulkan aturan baru tentang publikasi tarif pajak efektif yang dibayarkan oleh beberapa perusahaan multinasional.

Menanggapi anggota parlemen yang mengkritik UE karena telah mempersingkat menjadi hanya sembilan yurisdiksi daftar hitam blok bebas pajak, hanya beberapa hari setelah Pandora Papers, Gentiloni mengatakan daftar tersebut telah mencapai hasil tetapi menambahkan bahwa mungkin ada kebutuhan untuk meninjau kriteria untuk daftar.

(ABD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id